Destinasi Wisata bernuasa Islami Di Gelora Bung Karno

Diterbitkan oleh Dachroni pada Senin, 9 Februari 2015 08:54 WIB dengan kategori Pendidikan dan sudah 850 kali ditampilkan

Islamic Book Fair (IBF) ke-14 tahun 2015 akan digelar di Istora Gelora Bung Karno Senayan Jakarta, 27 Februai 2015 hingga 8 Maret 2015.

 

 

Pameran yang menurut rencana akan dibuka secara resmi oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Anies Baswedan itu mengusung tema Di Bawah Naungan Al Qur’an.  

“Tema ini merupakan gambaran keyakinan umat tentang peran Al Qur’an dan As Sunnah sebagai pedoman yang membimbing umat dalam setiap langkahnya,'' kata Ketua Panitia Islamic Book Fair (IBF) ke-14 tahun 2015 M Anis Baswedan kepada Republika, Senin (9/2).

 

Menurut Anis, umat Islam merasa nyaman karena memiliki Al Qur’an sebagai penunjuk jalan dan pembimbing agar tidak tersesat.

Ia menambahkan,  sesuai dengan tema tersebut, IBF 2015 akan mengadakan serangkaian acara yang membedah kemukijzatan Al-Qur’an di panggung IBF, baik Panggung Utama di lantai 1 maupun Ruang Anggrek di lantai 2. 

Acara tersebut antara lain, talk show Program Wakaf Qur’an di 99 Pulau Terpencil di Nusantara pada Jumat (27/8) pukul 16.30-18.00, dan workshop Pengaruh Al-Qur’an  Terhadap Tubuh Manusia pada hari yang sama, mulai pukul 19.00. “Acara tersebut menampilkan Abdul Roziq SQ bersama qari dan qariah, hafizh dan hafizhah,” tutur Anis.

Masih pada hari yang sama, juga digelar pelatihan Mudah Faham Al-Qur’an Metode SIKECAP (Sistematis-Kerap-Cepat). Acara tersebut diadakan pukul 16.30-18.00.

 

Pada hari Senin (2/3), para pengunjung IBF bisa mengikuti talk show Al-Qur’an Mukjizat Sepanjang Zaman bersama Ustaz Zaitun Rasmin, pukul 10.30-12.00.

 

“Pada malam harinya, akan diadakan bedah Methode Bilqis Cara Cepat Membaca dan Mengiramakan Al-Qur’an bersama Abdul Roziq SQ,” ujar Anis.

Masih pada hari yang sama, juga diadakan talk show Indonesia Mengajar Al-Qur’an bersama Ustaz Taufiq dan Ustaz Zaitun Rasmin. Acara tersebut dgelar di Ruang Anggrek, pukul 14.30-16.00.

 

“Acara dilanjutkan dengan bedah buku Menghafal Al-Qur’an  Raih Kemuliaan Magic Memory Al-Qur’an Juz 30 bersama Erwin Kurnia Jaya,” papar Anis.

Pada hari Jumat (6/3), akan diadakan launching Al-Qur’an Untuk Pemula, pukul 16.30-18.00. “Acara tersebut akan menampilkan narasumber Ustaz Bachtiar Nasir, Dude Herlino, dan Pipik Dian Irawati,” kata Anis.

Pada hari yang sama, di Ruang Anggrek, pukul 13.00-14.30  akan digelar seminar Aplikasi Nilai-nilai Al-Qur’an Dalam Pendidikan Keluarga. “Seminar itu akan diisi Prof Dr KH Didin Hafidhuddin MS dan Dr Ahdian Husaini.” 

Pada hari terakhir, Ahad (8/3), juga ada acara berkaitan dengan keagungan Al-Qur’an. Acara tersebut adalah talk show Membumikan Al-Qur’an dengan Metode Mustaqilli bersama Dr Muhammad Nasih dan KH A Shohib Khoironi. Tempatnya di Ruang Anggrek, pukul 16.30-18.00.

Anis mengemukakan, IBF telah menjadi agenda penting bagi masyarakat perbukuan, para penerbit buku Islam, toko buku, pedagang buku lokal dan antar negara, penulis buku, penerjemah (buku berbahasa Arab ke bahasa Indonesia), editor buku dan percetakan.

 

IBF juga menjadi agenda penting bagi pengrajin kaligrafi, para pengusaha busana Muslim/muslimah, para santri dari pondok pesantren beserta para ustaz/ustazah, para cendikiawan dan profesional muda.

 

“Mereka menyambut pelaksanaan Islamic Book Fair 2015 ini dengan antusias. Pameran ini telah menjelma menjadi ikon Destinasi Wisata bernuasa Islami,” tutur M Anis Baswedan menambahkan.

(ROL)