Dewan Kepri Tinjau KRI Clurit dan KRI Silas Papare di Selat Lampa

Diterbitkan oleh pada Rabu, 13 Mei 2015 20:28 WIB dengan kategori Natuna dan sudah 1.238 kali ditampilkan



Dalam kunjungannya ini para anggota Dewan didampingi langsung oleh Komandan Lantamal (Danlantamal) IV Tanjungpinang  Laksamana TNI AL Sulistyanto, Kasrem Kolonel Sudarmadi dan Dirbimas Polda Kepri Kombes Sumirat.


Menurut Jumaga, kunjungannya ke Selat Lampa dan meninjau KRI KPC Clurit dan KRI Silas Papare adalah sebagai bentuk apresiasi sekaligus dukungan agar teman-teman di TNI Angkatan Laut lebih semangat dalam mengamankan laut Natuna dari para pencuri ikan dari Negara Asing. Selain itu, kunjungan ini juga untuk menampung aspirasi dari para petugas yang telah dengan giat mengamankan wilayah laut Natuna, terkait dukungan dari Pemerintah yang sekiranya perlu dilakukan untuk menambah kuat sistem keamanan laut di daerah.


“Indonesia ini kan Negara maritim. Kepulauan Riau sendiri luas lautnya mencapai 96 persen, dan laut itu adalah sumber ekonomi yang sangat potensial dan besar untuk kita kembangkan. Oleh sebab itu, kita berikan apresiasi sebesar-besarnya kepada teman-teman di Angkatan Laut yang telah melaksanakan tugasnya dengan baik selama ini dengan melakukan penangkapan dan menenggelamkan beberapa kapal nelayan asing yang mencuri ikan di laut Natuna. Hal hal ini perlu kita dukung terus dengan cara apapun juga yang sekiranya bisa kita lakukan bersama pemerintah daerah,” ujar Jumaga Nadeak.    


Apa yang diungkapkan Jumaga Nadeak sendiri sejalan dengan apa yang diinginkan oleh Danlantamal IV Laksamana TNI AL Sulistyanto yang meminta agar kedepannya pemerintah Provinsi Kepulauan Riau, dalam hal ini bersama DPRD Kepulauan Riau lebih memperhatikan infrastruktur yang ada di wilayah Perbatasan Natuna ini. "Hal ini mengingat wilayah laut di Kepri sangat luas dan berbatasan langsung dengan beberapa negara tetangga. Dan kita butuh infrastruktur yang kuat untuk mendukung keamanan wilayah perbatasan di Natunaini,” kata Sulistiyanto.


Atas usulan tersebut  Jumaga berjanji akan menyampaikan apa yang diungkapkan Danlantamal tersebut kepada Gubernur Kepulauan Riau agar kedepannya hal-hal seperti ini bisa ditinjdaklanjuti.  “Bila perlu kita bangun Polsek apung untag mengejar pencuri ikan yg berkeliaran diwilayah kita," ucap Jumaga. (Humas DPRD Kepri)