PT Siemens Hengkang dari Kota Batam

Diterbitkan oleh pada Kamis, 9 Juli 2015 12:29 WIB dengan kategori Batam dan sudah 2.897 kali ditampilkan

BATAM - Tidak tahan menghadapi gelombang demonstrasi, PT Siemens memilih hengkang dari Batam. Pihak Apindo bahkan menegaskan bahwa demonstrasi ini sangat meresahkan penggusaha karena dinilai mulai anarkis dan tidak relevan.


“Kadang yang di PHK 5 orang, tapi yang demo ratusan orang, dan yang demo kadang yang masuk (mediasi) dari luar bukan 5 orang itu. Manajemen melakukan PHK itu tentu ada alasan. Sah-sah saja kalau saya lihat PHK itu,” demikian yang dikatakan Cahya, Ketua Asosiasi Pengusaha Indonesia (APINDO) Kepualaun Riau.


Menurut Cahya, demonstrasi yang terjadi 3 tahun terakhir ini cukup membuat cemas pengusaha. Perusahaan asing tentu tidak akan lama-lama bertahan dengan kondisi seperti ini.


Tidak hanya PT Siemens, sejumlah perusahaan lain seperti PT Sea gate dan Japan Servo juga memilih hengkang. Tidak menutup kemungkinan perusahaan lain akan menyusul. Semua ini berkaitan dengan PHK yang marak terjadi di Kota Batam menjelang lebaran Idul Fitri ini, dan tidak menutup kemungkinan PHK besar-besaran akan terus terjadi.