Muhammadiyah Batam Besok Salat Id di Sport Hall Temenggung

Kamis, 16 Juli 2015 10:32 WIB
777x ditampilkan Batam

Pelaksanaan salat Id atau Hari Raya Idul Fitri 1436 Hijriah bagi warga Muhammadiyah Kota Batam akan dilaksanakan di lapangan semi-permanen depan Sport Hall Temenggung Abdul Jamal, Mukakuning, Jumat (17/7) mulai pukul 07.00 WIB.


Diperkirakan 5.000 jamaah hadir dalam salat Id kali ini. Adapun khatib rencananya akan diisi Ustaz Awaluddin Yahya. ”Sesuai putusan PP Muhammadiyah, Lebaran jatuh pada Jumat 17 Juli. Keputusan ini sudah lama diambil oleh pusat,” kata Pimpinaan Daerah Muhammadiyah (PDM) Batam, Adhiyatmoro saat di temui Komplek Perguruan Muhammadiyah Batuaji, kemarin (15/7).


Adhiyatmoro menuturkan, dia belum bisa memastikan pelaksanaan Hari Raya Idul Fitri tahun akan berbeda atau tidak antara Muhammadiyah dengan pemerintah. Sebab, pemerintah masih menunggu hasil sidang Isbat di Kementrian Agama. Berbeda dengan Muhammadiyah yang sudah lama ditetapkan lewat Maklumat Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah.


Namun jika berbeda, menurutnya, tidak masalah dan kembali ke keyakinan masing-masing. ”Tapi kemungkinan sama. Namun, kalaupun berbeda, bagi yang ingin bergabung untuk salat bersama dipersilakan,” ujarnya.


Adhiyatmoro mengatakan lapangan depan Sport Hall Temenggung Abdul Jamal sudah menjadi tempat Muhammadiyah Batam menggelar Salat Id sejak 10 tahun terakhir. ”Kami mengadakan salat di sana sudah 10 tahun. Sosialisasi kami sampaikan lewat radio maupun spanduk. Panitia yang akan menyiapkan tempat salat,” ujarnya.


Dia berharap umat muslim dapat berbondong-bondong menunaikan salat Id, khususnya warga Muhammadiyah. ”Semoga umat muslim berduyun-duyung menunaikan salat. Insya Allah cuaca nanti baik, sehingga jamaah dapat khusyu dan mendapat hikmah Idul Fitri,” terangnya. (BP/cr13)