Tidur Disamping Gadget Tingkatkan Pertumbuhan Tumor Otak

Diterbitkan oleh pada Selasa, 22 September 2015 09:46 WIB dengan kategori Liputan Khusus dan sudah 823 kali ditampilkan

Manusia dan gadget saat ini semakin tidak bisa dilepaskan. Ada yang membawanya ke toilet, ruang makan, bahkan ke tempat tidur. Tahukah Anda, tidur dengan gadget di sebelah kepala memberikan dampak negatif pada kesehatan?


Dilansir laman Health Senin (21/9) meletakkan ponsel atau gadget di samping tubuh saat tidur bisa meningkatkan risiko pertumbuhan tumor dalam jumlah tinggi.



Penyebabnya adalah layar LED yang terdapat pada gadget mengeluarkan cahaya berwarna kebiruan yang bisa menghambat produksi hormon melatonin dan bisa menggangu waktu tidur alam bawah sadar.



Selain itu, gadget atau ponsel memiliki karsonegenik yang dapat menjadi penyebab bertumbuhnya sel kanker. Sifat gelombang elektromagnetik ini juga merangsang pertumbuhan tumor otak lebih cepat daripada biasanya.



Kebiasaan ini juga sangat berbahaya efeknya pada anak-anak. Pasalnya kulit kepala dan tengkorak yang masih tipis memiliki risiko lebih besar dibandingkand engan orang dewasa.


Meski radiasi gelombang ini kecil, tetapi bila terjadi setiap hari bukan tidak mungkin mempercepat risiko kesehatan yang ditimbulkan.
Mulai sekarang, hentikan kebiasaan meletakkan ponsel berdekatan dengan tubuh. Jauhkan ponsel atau gadget minimal tiga meter demi kesehatan yang lebih baik.