Penerbangan di Bandara Hang Nadim Batam Dialihkan Akibat Asap

Diterbitkan oleh pada Kamis, 24 September 2015 18:36 WIB dengan kategori Batam dan sudah 1.063 kali ditampilkan

BATAM - Penerbangan dua pesawat rute Jakarta-Batam dialihkan dari Bandara Hang Nadim Batam pada Kamis pagi karena kabut asap akibat kebakaran hutan dan lahan memperpendek jarak pandang di wilayah tersebut.

 

"Tadi pagi jarak pandang sangat terbatas di bawah 1.000 meter. Garuda dan Citilink terpaksa divert (dialihkan) ke Medan," kata Kepala Bagian Umum Bandara Internasional Hang Nadim Batam Suwarso.

 

Asap akibat kebakaran hutan di Sumatera yang menyelimuti Batam sejak Rabu sore hingga Kamis sekitar pukul 09.00 WIB membuat jarak pandang makin pendek sehingga pilot Garuda dan Citilink harus mengalihkan pendaratan pesawat ke Kualanamu.

 

"Mulai pukul 09.00 WIB membaik, jam 10.00 WIB sudah normal diatas 4.000 meter," kata dia.

 

Ia menjelaskan, pesawat yang mendarat di Medan pada pukul 10.30 WIB sudah terbang menuju Hang Nadim Batam.

 

"Perkiraan kami pukul 10.45 WIB ini sudah bisa mendarat di Hang Nadim Batam. Kondisi terkini terus membaik," kata Suwarso.

 

Akibat gangguan asap tersebut, penerbangan pesawat dari Batam ke Jakarta juga mengalami keterlambatan.

 

"Kami terus memantau perkembangannya. Mudah-mudahan cuaca terus membaik sehingga tidak ada penundaan dan pembatalan lagi," kata dia.

 

Selama hampir tiga pekan penerbangan di Bandara Internasional Hang Nadim Batam terganggu kabut asap akibat kebakaran hutan di Jambi dan Palembang.

 

Lebih dari 100 penerbangan dari dan ke Batam dibatalkan karena jarak pandang tidak memungkinkan pesawat mendarat di Hang Nadim.


(ant)