Pemkab Tangerang Canangkan Program Bela Negara 2016 Dilaksanakan di Sekolah

Selasa, 27 Oktober 2015 11:32 WIB
1062x ditampilkan Nasional

Pemerintah Kabupaten Tangerang, Banten, menggandeng sekolah-sekolah untuk melaksanakan Program Bela Negara pada 2016 nanti. Alokasi dana untuk itu juga tengah digodok.

 

"Pemahaman terhadap Pancasila dapat dilakukan melalui kurikulum bela negara di sekolah," kata Bupati Tangerang, Ahmed Iskandar, di Tangerang, Selasa.

 

Ahmed mengatakan rencana Kementerian Pertahanan tentang Program Bela Negara itu diterapkan terhadap siswa SMA dan sederajat di sekolah.

 

Menurut dia, pemahaman bela negara di sekolah bertujuan --d iantaranya-- untuk mengasah kembali kesadaran berbangsa dan bernegara serta cinta Tanah Air, karena belakangan dianggap mulai memudar di kalangan siswa.

 

Namun Iskandar belum dapat memastikan program tersebut masuk kurikulum muatan lokal atau hanya ekstrakurikuler semata.

 

Sementara itu, Ketua Dewan Pendidikan Kabupaten Tangerang, Eny Suhaeni, mengatakan, harus ada konsep yang jelas bila Program Bela Negara masuk dalam kurikulum.

 

Sebagai contoh, katanya, untuk baris berbaris sudah ada Paskibraka dan menumbuhkan rasa kebangsaan telah ada PPKN yang sebelumnya adalah mata pelajaran Pendidikan Moral Pancasila.

 

Hal ini, dia menambahkan, perlu ada sosialisasi terhadap semua pihak yang berkepentingan agar program bela negara itu memiliki konsep.


(ant)