Pemerintah Perlu Buat Regulasi Khusus Mengangkat Masyarakat Ekonomi Lemah

Kamis, 5 November 2015 10:55 WIB
373x ditampilkan Bisnis

Ketua Umum Partai Persatuan Indonesia (Perindo) Hary Tanoesoedibjo (HT) mengatakan pemerintah perlu membuat suatu program khusus untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat golongan ekonomi lemah atau menengah ke bawah.

 

Saat ini program pemerintah yang dicanangkan lebih terfokus pada kalangan masyarakat menengah ke atas.

 

"Masyarakat ekonomi lemah juga memerlukan program-program khusus, mengawal mereka dari awal sampai akhir, bukan hanya membantu memberikan santunan karena tidak bisa membuat mereka produktif," kata HT dalam acara temu kader Partai Perindo Bogor di Hotel Grand Orri, Citeureup, Jawa Barat.

 

Lebih lanjut HT mencontohkan permasalahan di sektor pertanian. Menurutnya salah satu faktor utama masalah para petani adalah ketersediaan lahan. Jalan keluarnya yakni dengan banyaknya tanah negara, bisa diberikan sebagian ke para petani namun tidak gratis para petani bisa mencicil dari hasil pertaniannya.

 

Permasalahan kedua yakni ketersediaan dana, para petani perlu diberi perhatian untuk mendapatkan akses dana murah yang cepat dan tidak ribet. Langkah selanjutnya yakni dengan memberikan perlindungan kepada para petani agar bisa mapan dan mandiri serta siap bersaing.

 

Oleh karena itu pemerintah harus memiliki program khusus dan tidak bersifat sementara untuk kalangan ekonomi lemah. Sehingga dalam konteks kepentingan nasional dapat mendorong pertumbuhan ekonomi Indonesia karena banyaknya penggerak ekonomi yang berpartisipasi. "Negara juga yang diuntungkan, masyarakat menengah ke atas juga akan semakin banyak," ungkapnya.


(okz)