Publik Apresiasi Jilbab Pramugari Sriwijaya Air

Diterbitkan oleh Saiful pada Ahad, 6 Desember 2015 07:01 WIB dengan kategori Nasional dan sudah 950 kali ditampilkan

Hijab bukan lagi penghalang profesi. Mulai dari polisi wanita, petugas keamanan, atlet olahraga, dan profesi lain banyak yang mengenakan jilbab saat bertugas. Menjalankan ibadah sambil bekerja kini semakin mudah. Dan baru-baru ini beberapa maskapai penerbangan sudah membolehkan pramugarinya untuk berhijab tak hanya saat musim haji.


Seorang netizen, Salkamal Tan, menuturkan rasa surprisenya dan mengapresiasi saat terbang bersama Sriwijaya Air mendapati pramugarinya berhijab. Diapun mengunggah foto pramugari Sriwijaya Air berhijab di dinding facebooknya, Jumat (4/12/2015). Begini penuturannya:

Ada nuansa baru dari awak pesawat Sriwijaya Air SJ570 yang saya tumpangi untuk terbang menuju Kota Sorong dari Makasar tadi subuh (Jumat, 4/12/2015). Yah, karena tampilan seragam baru dari pramugari nya yang lebih elegan, rapih dan sopan.

Tapi bukan itu yang paling menarik perhatian saya, tapi kehadiran pramugari dengan menggunakan hijab, tidak hanya satu tetapi dua dalam pesawat ini.

Seingat saya pramugari berhijab hanya saya temukan pada penerbangan haji, sementara penerbangan komersil lainnya? Nyaris tidak pernah saya temukan. Bahkan cenderung para pramugari kerap berseragam ketat dan agak terbuka.

Mungkin saja saya terlambat mengetahui fakta ini. Belum terlalu sempurna memang bila dikaji secara syariah tetapi yang jelas, apa yang saya lihat hari ini patut diapresiasi tinggi, khususnya kepada Sriwijaya Airlines yang memberikan kemudahan kepada pramugari nya untuk menjalankan profesi nya tanpa mengabaikan tuntunan agamanya.

Semoga Sriwijaya Air menjadi pelopor bagi maskapai lain untuk memberikan kemudahan bagi pramugari berhijab. Semoga pula Sriwijaya Air tambah jaya (bukan promosi loh).

Buat semua facebooker mari berikan support kepada dua pramugari kita ini (namanya mbak Estee dan Divaryani) untuk tetap istiqomah berhijab dan memperbaiki diri terus serta diberikan kemudahan dalam pekerjaannya.

Amiiin

Salkamal Tan

 

Beberapa netizen lain juga menyampaikan apresiasi yang sama.

"Saya sering naik Sriwijaya rute Jakarta-Surabaya, banyak pramugari yang berjilbab. Semoga mbak-mbak Pramugari diberikan istiqomah dan Sriwijaya Air diberikan kelancaran dalam usahanya," kata Agus Edi S.

"Saya sering menemui pramugari yg berhijab.. dan belum lama ini sy ke tanjung pinang naik sriwijaya.. salut dg awak pesawat yg mngajak para penumpang doa bersama sebelum takeoff krn ini sy tdk temui di pesawat lain.. dan mungkin ini peraturan baru di sriwijaya.. krn wkt ke manokwari bbrp kli transit ajakan doa bersama ini blm ada.. dan kalu NAM air sudah berhijab juga krn NAM air adalah anak sriwijaya .. tetapi memang menurut saya juga hijabnya masih belum sesuai syariah.. mudah-mudahan kedepan bisa lbh baik lagi," tutur Sri Martini.

"Kita tak menuntut kesempurnaan, saya mengapresiasi manajemen maskapai ini yg memberikan kesempatan kpd pramugarinya utk berbusana sesuai keyakinannya. Smoga busana mrk ini menjadi penghalang fitnah dan kejahilan penumpang iseng yg menjadi tamu mrk..." tutur Tuti IsdaYani.