Partisipasi Pemilih Batam Dibawah 50 Persen

Diterbitkan oleh Saiful pada Sabtu, 12 Desember 2015 09:51 WIB dengan kategori Batam dan sudah 482 kali ditampilkan

BATAM - Kendati penyelengaraan Pilkada Kota Batam berlangsung aman dan tidak terjadi kericuhan seperti yang telah diprediksi sebelumnya, namun Batam mengalami masalah lain yaitu partisipasi pemilih yang sangat rendah.

 

Hal ini disampaikan langsung oleh Walikota Batam, Ahmad Dahlah "Pertisipasi pemilih Batam kali ini sangat rendah, bahkan dibawah 50 persen" kata Dahlan. Dahlan bahkan mengaku turu sendiri meninjau penyelenggaraan pilkada di Kota Batam bersama pejabat Gubernur Kepri, Agung Mulyana pada 9 desember lalu.

 

Dalam hal ini dahlan mengevaluasi kinerja tokoh masyarakat setempat yang tidak bekerja maksimal dalam mendorong warganya untuk berpartisipasi dalam pemilihan "Seharusnya tokoh masyarakat bisa mengerahkan warganya untuk memilih" kata Dahlan.

 

meski demikian yang diuangkapkan Dahlan, Banyak penyebab yang ditemukan dilapangan terkait rendahnya partisipasi pemilih. beberapa warga bahkan masih mengakui tidak mengenal calon yang akan dipilih, bahkan tidak jarang yang mengaku tidak memilih sudah diniatkan sebelumnya "saya sengaja tidak memilih karena hasilnya pasti sama saja" kata sulaiman salah seorang pekerja yang tinggal di Batu aji, Batam.

 

sementara itu komisioner KPU,  Juri Ardiantoro mengungkapkan alasan lain terkait rendahnya partisipasi pemilih "ini karena Kampanye Pilkada di Biayai APBD jadi pasangan calon kurang biaya untuk sosialisasi, Jadi beginilah hasilnya. ada warga yang masih belum kenal pasangan calon pemimpinnya" kata Juri. Juri menegaskan bahwa atura pilkada kali ini tentu memiliki nilai lebih dan kurangnya tersendiri.