Jangan Jadikan Diri Sebagai Pecandu Gadget

Diterbitkan oleh pada Rabu, 13 Januari 2016 21:35 WIB dengan kategori Opini dan sudah 622 kali ditampilkan

Di zaman yaang semakin modrn ini gadget dangat berpengaruh dalam kehidupan sehari-hari , gadget sangat berpengaruh karena dapat memudahkan kita dalam berkomunikasi baik dengan keluarga, teman, dosen dan dengan siapapun yang ingin kita hubungi . saat ini pun gadget menyediakan banyak aplikasi penunjang komunikasi seperti BBM, LINE, WHATSAPP selain aplikasi komunikasi gadget juga banyak memiliki aplikasi hiburan seperti game, camera penunjang untuk berfoto selfie serta untuk memudahkan mencari informasi dan masih banyak fungsi lainnya yang ada di gadget, yang mengunakan gadget pun tak mengenal rentang umur baik dewasa, remaja sampai anak-anak pun kini memakai gadget

 

Gadget yang fungsi utamanya untuk membantu orang dalam berkomunikasi baik itu berkomunikasi di dunia nyata namun juga bisa membantu orang untuk berkomunikasi di dunia maya seperti di media sosial, Bahkan tidak sedikit orang yang kini lebih banyak berkomunikasi di media sosia di bandingkan di dunia nyata. Dari banyaknya kelebihan gadget ini tak heran gadget menjadi satu keperluan yang penting selain dari pangan,papan,sandang.

 

Dari banyaknya nilai fositif dari gadget terdapat juga nilai negatif dari gadget yaitu gadget bisa menyebabkan kecanduan. pernahkan kita sadar hidup kita telah bergantung pada gadget contohnya saat ingin tidur benda terakhir yang menemani kita adalah gedget setelah pagi benda yang pertama kita cari saat bangun tidur adalah gadget dan setiap ada waktu luang kita selalu bermain gadget bahakan ada sebagian dari kita saat makan pun masih memegang gadget.

 

Penelitian menyebutkan manusia cendrung menghabiskan waktu total 5 jam untuk browsing internet,menggunakan aplikasi online dan mengecek gadget sebanyak 85 kali dalam 1 hari.  Penelitian ini bisa menjadii bukti bahwa telah banyak orang yang mengalami kecanduan gaadget, dampak dari kecanduan gadget adalah tergangggunya kesehatan mental seseorang. Pencandu gadget cendrung memiliki mood tidak stabil merasa kesepian bahkan meningkatkan rasa cemburu dan bisa menyebabkan narsisme yaitu dimana kondisi seseorang lebih mengagumi dirinya sendiri secara berlebihan.

 

Dampak dari kecanduan gadget ini telah banyak kita lihat di kehidupan sehari-hari dimana orang-orang kini kurang bersosialisasi secara langsung, anak-anak kecil yang telah menggunakan gadget cendrung lebih tertutup terhadap dunia luar kerena lebih tertarik bermain gadget dari pada bermain di luar bersama teman-teman seumurannya ,masyarkat sekarang ini banyak yang telah menderita narsisme yang di tandai dengan memposting foto selfie dan senangya mengupdate setatus di sosial media dalam jangka waktu singkat,kecangihan gadget ini juga menyebabkan banyak juga kasus hukum yang terjadi menggunakan gadget seperti penipuan dan penculikan.

 

Gadget memang perlu dalam kehidupan sehari-hari tapi jangan jadiakan diri kita sebagai pecandu gadget karena masih banyak hal lain yang lebih menarik dari gadget.

 

Dwi Anggini

Ilmu Administrasi Negara (IAN)

Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH)