Fakta Terkini Seputar Kereta Cepat Jakarta-Bandung

Diterbitkan oleh Saiful pada Sabtu, 27 Februari 2016 07:20 WIB dengan kategori Nasional dan sudah 443 kali ditampilkan

Fakta Terkini Seputar Kereta Cepat Jakarta-Bandung:



1] Menhub Jonan Minta Nilai Investasi KA Cepat Dihitung Ulang

Karena trase kereta cepat yang diberikan Kemenhub adalah Halim Perdanakusuma-Tegalluar sepanjang 142 km. Sementara itu, menurut kajian PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC), kereta cepat itu memiliki panjang 152 km, yakni Gambir-Tegalluar.

Menurut Jonan, ada kemungkinan, nilai investasi kereta cepat bisa lebih murah daripada nilai yang diajukan KCIC karena ada pemangkasan jarak Gambir-Halim sepanjang 10 km.

Meski tidak menyebut angka pasti, Jonan memperkirakan, 1 km proyek yang dipangkas bisa menelan biaya Rp 1 triliun bila dibangun di bawah tanah. Artinya, bila selisih jarak adalah 10 km, maka nilai proyek bisa berkurang Rp 10 triliun

Link: http://bisniskeuangan.kompas.com/read/2016/02/25/164040026/Jonan.Minta.Nilai.Investasi.KA.Cepat.Dihitung.Ulang

2] Soal Lahan KA Cepat, Kemenhub dan KCIC Beda Pendapat

Direktur Jenderal Perkeretaapian Hermanto Dwiatmoko meminta KCIC menyerahkan seluruh lahan yang digunakan untuk KA cepat kepada negara saat masa konsesi habis.

Sementara Direktur Utama KCIC Hanggoro Budi Wiryawan mengatakan, pihaknya tidak mungkin menyerahkan seluruh lahan yang dilalui KA cepat kepada negara.

Link: http://bisniskeuangan.kompas.com/read/2016/02/25/202753526/Soal.Lahan.KA.Cepat.Kemenhub.dan.KCIC.Beda.Pendapat

3] Sebulan pasca groundbreaking kereta cepat Jakarta-Bandung, masih banyak dokumen yang belum direvisi oleh PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC). Termasuk dokumen rancang bangun YANG berbahasa mandarin.

Link: http://bisniskeuangan.kompas.com/read/2016/02/25/210400826/Dokumen.KA.Cepat.Berbahasa.China.Jonan.Tawarkan.Diri.untuk.Bantu.Revisi

4] Izin Pembangunan Kereta Cepat Belum Keluar

Sejak pemancangan tiang pertama (groundbreaking) pada Januari 2016 hingga sekarang, izin pembangunan proyek kereta cepat Jakarta-Bangun belum dikeluarkan oleh Kementerian Perhubungan. Karena dokumennya masih juga belum lengkap.

Lalu kapan izin bisa keluar? "Tidak tahu, kalau datanya siap, cepat kok mestinya," kata Menhub Jonan di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Kamis (25/2/2016).

Link: http://finance.detik.com/read/2016/02/25/152043/3151048/4/izin-pembangunan-kereta-cepat-belum-keluar-ini-penjelasan-jonan

Begitulah FAKTA proyek grasa grusu Kereta Cepat!

Masih begitu rumit dan ruwetnya terkait/perihal PERIJINAN dan hal ikhwal yang menyertainya, TAPI KENAPA KEMARIN DULU PAK JOKOWI BURU-BURU BANGET GROUND-BREAKING PROYEKNYA???!

KENAPA ITU SEMUA TIDAK DIBERESIN DULU... baru kemudian Ground Breaking????!

Apakah ada pihak-pihak yang menyetir seorang Presiden??

Siapa dia?! Siapa mereka?! ?


terkininews.com


sumber :
fb Tara Palasara