Polisi Prancis Larang Orang Tua Unggah Foto Anak Di facebook

Jumat, 4 Maret 2016 06:16 WIB
374x ditampilkan Internasional

Kepolisian nasional Perancis mendorong para orangtua untuk berpikir dua kali sebelum mengunggah foto anak-anak mereka ke Facebook. Pihak polisi menyebutkan, membagikan foto anak sembarangan di Facebook dapat merusak privasi sang anak dan membahayakan anak karena dianggap akan menarik predator seksual.



Selain itu, orangtua juga harus mempertimbangkan efek psikologis ke anak setelah dia tumbuh dewasa jika mereka mengunggah foto anak ke Facebook. Seorang ahli asal Perancis menyebutkan, anak mungkin akan menuntut orangtuanya atas tuduhan melanggar privasi mereka.

"Lindungi anak Anda!" tulis pihak kepolisian Perancis dalam sebuah post Facebook. "Anda boleh bangga akan anak Anda, tapi Anda harus berhati-hati. Kami mengingatkan Anda, mengunggah foto anak ke Facebook memiliki bahaya tersendiri."



Dalam sebuah wawancara dengan koran Perancis Le Figaro, ahli hukum internet Perancis Eric Delcroix berkata bahwa kemungkinan besar, foto anak yang diunggah orangtua sekarang dapat berujung ke pengadilan di kemudian hari. 

Seperti yang disebutkan oleh The Verge, Perancis memiliki hukum untuk melindungi privasi seseorang yang menyebutkan, siapapun yang mempublikasikan dan mendistribusikan foto dari orang lain tanpa persetujuannya dapat dihukum penjara maksimal 1 tahun dan denda EUR45 ribu (Rp649,7 juta). Dan hal ini juga berlaku terhadap orangtua.

Viviane Gelles, pengacara yang mengkhususkan diri pada hukum internet, menyebutkan, hukum di Perancis jelas menuntut orangtua untuk melindungi foto anak mereka. Badan perlindungan data Perancis juga telah mendorong orangtua untuk membatasi pihak yang dapat melihat foto anak yang mereka unggah ke Facebook.

Beberapa tahun belakangan, Facebook juga telah berusaha untuk menyederhakan pengaturan privasi mereka. Vice President of Engineering Facebook Jay Parik belum lama ini mengatakan bahwa Facebook sedang mempertimbangkan untuk membuat sebuah fitur yang akan secara otomatis mengingatkan orangtua saat mereka hendak mengunggah foto yang dapat dilihat oleh masyarakat luas. Terkininews.com