Balita di Kecamatan Kateman Inhil Ini Alami Gizi Buruk

Jumat, 15 April 2016 16:42 WIB
874x ditampilkan Nasional

KATEMAN (INHIL-RIAU) -Kasus bayi penderita gizi buruk kembali ditemukan di Kecamatan Kateman. Saat ini pasien atas nama M Rafi (4 bulan) sedang dirawat di RS Raja Musa, Sungai Guntung, Kecamatan Kateman.

 

 

Bayi malang ini berasal dari Desa Sungai Teritip, Kecamatan Kateman, Senin (4/4/16) lalu saat dilakukan pendataan oleh bidan desa, bayi yang hanya seberat 2 kilogram tersebut saat ditemukan dalam kondisi memprihatinkan, sehingga segera dibawa ke RS Raja Musa. 

 

"Bayi tersebut saat ditemukan bidan desa kondisinya memprihatinkan, maka langsung dibawa dan dirawat di RS," ungkap Kelapa Program Gizi UPT Puskesmas Guntung, Kecamatan Kateman, Marlina, Kamis (14/4/15). 

 

Bayi tersebut sempat dirawat selama seminggu di RS, namun saat dibawa ke rumah oleh orang tuanya, kondisi bayi ini kembali memburuk, sehingga kembali dirawat di RS. 

 

"Setelah dibawa pulang kondisinya kembali memburuk, karena perawatannya tidak intensif. Maka, kembali dirawat di RS sejak Rabu (13/4/16) lalu," sebutnya. Setelah menjalani perawatan di RS, saat ini berat Rafi sudah naik menjadi 2,6 kilogram. 

 

Marlina menyebutkan, kondisi bayi ini sebelumnya normal, tapi karena ibunya mengalami sakit tifus sehingga tidak bisa memberikan ASI. 

 

"Ditambah lagi tidak ada susu yang di jual sesuai dengan kadar lemak dengan umur pasien di desa tersebut, maka hanya diberi air tajin dan roti oleh ibunya. Makanya kondisinya seperti itu," imbuhnya. 

 

Disebutkan, sejak awal tahun ini, ditemukan dua kasus gizi buruk, sebelumnya dialami bayi di Parit 1 Kelurahan Taga Raja, saat ini kondisi sudah membaik.***(riauterkini/mar).