Tips Pilih Menu Sarapan Simple nan Sehat

Rabu, 20 April 2016 09:44 WIB
250x ditampilkan Nasional

Hidup di zaman modern, Anda harus pintar memilih beragam menu sarapan yang mudah dibuat, tapi tetap bergizi. Berikut triknya yang disarankan oleh dokter.

Spesialis Gizi Klinik dr Diana F Suganda MKes SpGK mengatakan, masyarakat Indonesia sudah saatnya beralih memilih menu sarapan modern, sehat dan simple.

"Makan pagi, siang, sore dan malam harus seimbang. Harus ada karbohidrat, protein, serat, lemak dan vitamin. Menunya gampang dibuat dan bahannya bisa dibeli di mana saja," ujarnya saat ditemui di The Hermitage Hotel, kawasan Cikini, Jakarta Pusat, Selasa 19 April 2016. 

Adapun asupan karbohidrat bisa didapat dari nasi, roti gandum, oatmeal dan sereal. Protein bisa didapat dari ayam, ikan, daging, telur, atau bisa diganti dengan segelas susu low fat.

"Setiap sarapan juga jangan lupakan lemak. Tubuh kita juga butuh lemak bagus seperti didapat dari buah alpukat. Tapi biasanya orang bikin jus alpukat ditambah gula dan susu kental manis. Jangan biasakan lagi, karena termasuk lemak jahat," terangnya.

Juga, jangan lupa penuhi kebutuhan vitamin dan mineral dari buah-buahan. Contohnya dari apel, pisang atau jeruk.

"Kita juga butuh minum air putih untuk hidrasi. Tapi kadang orang suka lupa minum, padahal ini penting untuk metabolisme tubuh," pungkas dokter yang praktik di RSIA Asih Jakarta itu.