DPR Diminta Segera Lantik Ledia Hanifa

Diterbitkan oleh pada Sabtu, 30 April 2016 21:37 WIB dengan kategori Nasional dan sudah 749 kali ditampilkan

Dewan Perwakilan Rakyat menggelar rapat Paripurna DPR RI Penutupan Masa Persidangan IV Tahun 2015-2016, pada Jumat (29/4/2016). Turut hadir seluruh pimpinan DPR, yakni Ketua DPR RI Ade Komarudin, Wakil Ketua DPR RI Fadli Zon, Fahri Hamzah, Agus Hermanto, dan Taufik Kurniawan. Sidang dipimpin oleh Taufik Kurniawan.

Saat pembukaan sidang, Anggota Komisi IX DPR RI dari Fraksi PKS Ansory Siregar, menyampaikan intrupsi kepada pimpinan, terkait status Fahri Hamzah yang masih duduk sebagai Wakil Ketua DPR RI.

"Atas nama partai, saya berbicara. Ledia Hanifa sudah dipilih oleh pimpinan Fraksi sebagai pengganti Fahri Hamzah. Kami minta Ledia dilantik untuk menggantikan Fahri Hamzah. Pimpinan tidak boleh menahan," kata Ansory.

Ansory beralasan, pemberhentian pimpinan DPR merupakan hak Fraksi, sehingga pimpinan hanya bertugas untuk melanjutkan keputusan tersebut.

"Ini keputusan partai. Tidak ada alasan untuk menunggu. Keputusan pemberhentian pimpinan itu hak Fraksi. Tak perlu menunggu hukum yang berjalan," ucap Ansory.

"Tadi saya lihat ternyata masih ada Fahri Hamzah. Saya kira hari ini sudah ada pengganti," kata dia menambahkan.

Menanggapi ucapan Ansory, Taufik Kurniawan sebagai pimpinan Rapat Paripurna menjelaskan, keputusan tersebut tinggal menunggu waktu.

Sebab, pada Rapim membahas status Fahri Hamzah, sudah dibentuk tim untuk mengkaji pemecatan Fahri Hamzah dari keanggotaan dewan oleh PKS. Hasil kerja tim ini selama tiga pekan akan dibawa ke rapat pimpinan selanjutnya.

"Kita tidak bisa mengintervensi. Ini hanya masalah waktu yang nanti akan segera memutuskannya," kata Taufik.

Diberitakan sebelumnya, pada 6 April 2016, Presiden PKS Sohibul Iman telah menunjuk Ketua DPP PKS untuk menggantikan Fahri Hamzah di kursi Wakil Ketua DPR.