Untung S. Radjab Sedikit Dari Banyak polisi Yang Menyandang Gelar Doktor

Diterbitkan oleh pada Sabtu, 30 April 2016 07:01 WIB dengan kategori Profil dan sudah 1.075 kali ditampilkan

Irjen Pol Dr. Drs. H. Untung Suharsono Radjab, S.H., M.Si. adalah Kepala Kepolisian Daerah Jawa Timur yang menjabat sejak 14 Maret 2011 hingga 6 Juli 2011. Ia mengenyam pendidikan polisi di Akademi Kepolisian angkatan 1977. Ia merupakan salah seorang sedikit polisi intelek yang menyandang gelar doktor dan mengedepankan masalah pendidikan. Pada 8 Juli 2011, secara resmi ia dilantik untuk menjabat sebagai Kapolda Metro Jaya.

Untung S. Radjab yang merupakan putra kelahiran Kota Medan ini justru tumbuh dan besar di Surabaya, Jawa Timur. Hal ini membuat catatan karir kepolisiannya juga banyak dihabiskan di wilayah Polda Jatim. Jabatan sebagai Kapolres Lumajang, Komandan Provost Polwiltabes Surabaya, Wakapolwiltabes Surabaya, dan juga Kapolwil Besuki pernah dilakoninya. Selama bertugas di wilayah Jatim, ia banyak menghabiskan harinya di Gayungsari, Surabaya.

Sejak mendapat pangkat brigadir jenderal, sebelum akhirnya ditempatkan di Jawa Timur, Untung pernah memimpin dua polda yaitu Kapolda DI Yogyakarta dan Kapolda Kalimantan Selatan. Setelah lepas jabatan dari daerah Banjarmasin, ia akhirnya naik pangkat menjadi bintang dua karena diberi amanah sebagai Widyaiswara Utama (Dosen utama) di Sespim Lemdiklat.

Dalam sejarah Polda Jatim, Untung memiliki masa jabatan terpendek dengan hanya menjabat sekitar 3,5 bulan. Pada tanggal 30 Juni 2011, sesuai dengan Telegram Rahasia (TR) Kapolri, Untung dipindahkan ke Polda Metro Jaya menggantikan Sutarman yang saat itu naik jabatan sebagai Kabareskrim. Untung menjabat sebagai kepala kepolisian di Polda Metro Jaya sementara posisinya di Polda Jatim telah digantikan oleh mantan Kapolda Bali, Irjen Pol Hadiatmoko.

Meski kini dia telah pensiun, bukan berarti Untung kehilangan semangat meniti karir. Rencananya dia akan maju dalam pemilihan gubernur Jawa Timur 2013. Untung mengaku siap memimpin Jawa Timur berdasarkan pengalaman memimpin institusi Polri yang telah dilakoninya.

Riset dan Analisa oleh Pilar Asa Susila

PENDIDIKAN
  • Akpol 1977
  • SMAN 4 Surabaya
KARIR
  • Kepala Kepolisian Daerah Istimewa Yogyakarta Masa jabatan 2008–2009
  • Kepala Kepolisian Daerah Kalimantan Selatan Masa jabatan 2009–2010
  • Kepala Kepolisian Daerah Jawa Timur ke-35 Masa jabatan 14 Maret 2011 – 6 Juli 2011
  • Kepala Kepolisian Daerah Metro Jaya Mulai menjabat 6 Juli 2011