Matahari Mall Solusi Peluang Bisnis Industri e-Commerce di Indonesia

Diterbitkan oleh Kasmadi pada Sabtu, 28 Mei 2016 09:13 WIB dengan kategori Bisnis dan sudah 1.407 kali ditampilkan

MAKASSAR - Tantangan dan perkembangan teknologi informasi saat ini hampir menyentuh seluruh aspek kehidupan manusia. Sektor bisnis e-Commerce merupakan salah satu sektor yang banyak mengalami transformasi dari kemajuan teknologi dan informasi khususnya internet. terkininews.com (28/05/2016).

Revolusi digital dalam bisnis kemudian memunculkan e-commerce, mekanisme bisnis secara elektronik yang memfokuskan pada transaksi bisnis dengan menggunakan internet sebagai media pertukaran barang ataupun jasa.

Indonesia pun tidak lepas dari pesatnya perkembangan e-commerce, yang karena krisis moneter lalu kemudian meredam perkembangan bisnis e-commerce di Indonesia, namun belakangan ini perkembangan e-commerce di Indonesia kembali menyita perhatian.

Dimulai dengan bermunculannya situs jejaring sosial seperti facebook dan twitter yang kemudian dimanfaatkan oleh penggunanya untuk melakukan transaksi jual beli online.

Kini MatahariMall.com yang merupakan online retailer pertama di Indonesia hadir dengan mengadopsi sistem belanja "O2O" (Online-to-Offline dan Offline-to-Online), yang memungkinkan para customer untuk membayar, mengambil dan mengembalikan produk di ratusan cabang Matahari Department Store di seluruh Indonesia.

Di sayangkan penyedia layanan online seperti mesin pencari, instant messenger, serta jejaring sosial media lainya yang mengeruk keuntungan lewat internet tanpa menanamkan investasi untuk membangun jaringan di Indonesia.

Padahal investasi jaringan secara tidak langsung akan mendorong industri e-commerce menjadi lebih maju.

Pesatnya perkembangan e-commerce di Indonesia dan adanya liberalisasi ASEAN seharusnya bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan posisi tawar Indonesia untuk melakukan mediasi sharing profit dengan praktisi OTT, seperti Google, Facebook, path, atau media sosial lainya.

Namun tantangan industri e- Cemmerce masih juga menggerayangi pikiran sebagian masyarakat awam yang berdampak pada kepercayaan pasar, tentu bukan hal yang mudah untuk meyakinkan pasar bahwa anda benar-benar bisa di percaya apalagi dalam situasi krisis untuk mengatakan ada uang ada barang.

Menyingkapi semua itu Mataharimall.com tampil dengan didukung oleh perusahaan ritel multi-format terbesar di Indonesia, yaitu Grup Lippo, yang juga mengelola Matahari Department Store dan Hypermart.

Selain itu MatahariMall.com menyediakan berbagai kemudahan untuk bertransaksi, Seperti transfer antar bank, kartu kredit dengan cicilan 0%, COD (cash on delivery,) dan sistem O2O (Online-to-Offline).

Sementara itu Jenni warga kota Makassar memaparkan pengalamanya transaksi belanja online via mataharimall.com" belanja di mataharimall.com lengkap dan juga bisa bayar di tempat jadi ada uang ada barang", papar jenni yang pernah melakukan transaksi online.(*)