Tips Mengelola THR Dengan Baik

Diterbitkan oleh pada Sabtu, 28 Mei 2016 07:11 WIB dengan kategori Bisnis dan sudah 612 kali ditampilkan

JAKARTA - Pemberian tunjangan hari raya (THR) ataupun bonus merupakan momen yang paling dinanti-nanti oleh banyak orang ketika akan menyambut perayaan hari raya Idul Fitri. THR biasanya cair paling lambat dua minggu sebelum Lebaran.

Akan tetapi, masih banyak orang belum mampu mengelola THR ataupun bonus yang didapat dengan benar dan tepat. Ditambah lagi, ketika saat akan menjelang Lebaran, banyak pusat perbelanjaan yang menawarkan harga ataupun diskon menarik. Sehingga, mau tidak mau Anda pun akan tergiur untuk menggunakan THR tersebut hingga kalap.

Lantas, bagaimana cara mengelola THR dan bonus Lebaran yang didapat agar tidak segera ludes?

Perencana Keuangan Andy Nugroho mengatakan, pemanfaatan THR haruslah bijak. Apalagi, mengingat momentum Lebaran terjadi pada awal bulan. Artinya, masih ada beberapa minggu lagi yang dibutuhkan hingga menuju gajian selanjutnya.

Anda dituntut untuk menyisihkan THR untuk kebutuhan pada bulan mendatang. Bagi Anda yang masih lajang, disarankan agar sisihkan THR untuk kebutuhan transportasi, cicilan bulanan baik itu kartu kredit, rumah, ataupun mobil. Kemudian, bagi perantau agar tidak lupa untuk sisihkan pembayaran untuk kamar kos, hingga uang makan sehari-hari. Sementara untuk yang sudah berkeluarga juga sama. Namun ditambah dengan ingat untuk sisihkan uang SPP anak, zakat, hingga hutang.

Jika semua kebutuhan bulanan tersebut sudah disisihkan dari THR ataupun bonus, maka selanjutnya THR atau bonus boleh saja dimanfaatkan untuk kebutuhan lainnya. Dengan begitu, maka ketika Lebaran usai, Anda pun tidak akan kewalahan menyisihkan untuk kebutuhan bulanan.*Okz