Lingga Rice Cap Gunung Daik Bakal Dilaunching Gubkepri Selasa

Ahad, 10 Juli 2016 22:26 WIB
816x ditampilkan Lingga

LINGGA - Kabupaten Lingga menjelang panen perdana padinya pada Selasa (12/7) mendatang optimis bisa menjadi produsen beras di Kepulauan Riau. Berlabel beras Cap Gunung Daik, rencananya akan dilaunching langsung oleh Gubernur Kepulauan Riau Nurdin Basirun.

Hal itu seperti diungkapkan Pimpinan Proyek persawahan dan padi Ady Indra Pawennari di laman facebooknya. Dia menulis, konon, sejak masa kejayaan kerajaan Riau Lingga pada abad ke-18, Lingga dipercaya hanya bisa menghasilkan sagu. Tanaman padi diyakini tidak cocok dengan kultur pertanian Lingga.

 

Dia juga mengisahkan, menurut cerita yang berkembang di masyarakat, beberapa orang yang pernah mencoba menanam padi di Lingga selalu mengalami kegagalan. Karena itulah, setiap ada orang yg mencoba memulai usaha budidaya padi ini, masyarakat sepertinya apatis dan tidak yakin akan berhasil.

 

"Tapi, hari ini, Tuhan berkehendak lain. Tak ada yg mustahil jika Ia menghendaki-Nya. Dengan tekad yg membara, Bupati Lingga, H. Alias Wello menetapkan pencetakan sawah dalam program 100 hari kerjanya. Persis 100 hari setelah penanam perdana oleh Bupati Lingga 23 Maret lalu, bumi berjuluk "Bunda Tanah Melayu" itu sudah mulai menjadi produsen beras. Insya Allah, Selasa, 12 Juli 2016, "Lingga Rice Cap Gunung Daik" akan diperkenalkan oleh Gubernur Kepulauan Riau, Nurdin Basirun di Desa Sungai Besar, Lingga Utara," tulisnya.