Kompetensi Guru Tetap Masalah Utama Seiring Reshuflfe Menteri

Diterbitkan oleh Redaksi pada Ahad, 31 Juli 2016 10:26 WIB dengan kategori Pendidikan dan sudah 600 kali ditampilkan

MAKASSAR, -- Mendikbud boleh berganti tapi konsistensi IGI tak pernah kendor untuk meningkatkan kompetensi guru Indonesia. Setelah jelajah Kalimantan dari Palangkaraya ke Banjarmasin lalu jelajah Aceh 8 kabupaten/kota dari Banda Aceh hingga Medan, kini kami beralih ke timur dari Ambon menuju Masohi.

Ikatan Guru Indonesia memang begitu bersemangat ditengah menanjaknya kinerja Anies Baswedan memimpin Kemdikbud terutama dalam hal peningkatan kompetensi guru dan membangun budaya literasi serta ramah anak, tapi penilaian presiden ternyata berbeda dengan yang guru-guru pada umumnya lihat sehingga Anies Baswedan harus menyerahkan ke Mendikbud baru Muhadjir Effendy, namun pergantian itu tak akan menyurutkan langkah IGI untuk tetap konsisten bergerak meningkatkan kompetensi guru. 

Meskipun Anies menterinya, IGI tak sekalipun dibiayai APBN kecuali saat kongres Januari lalu, namun seluruh pergerakan IGI di Seluruh Indonesia semuanya bisa bergerak karena kreatifitas, militansi, semangat dan kepercayaan IGIers di Seluruh Indonesia. 

IGI tak henti bergerak, mendorong dan menggerakkan guru agar mau bersama-sama bergerak meningkatkan kompetensi sehingga lahirlah istilah-istilah "tidak akan berubah kompetensi guru Indonesia hingga guru itu sendiri yang mengubahnya" atau "pantang mengajar jika tak belajar" 

Hari ini IGI kembali membuktikan gerakannya, mendarat pukul 6 pagi di Ambon, IGI Wilayah Maluku menggelar Seminar Nasional di Kampus FKIP Unpati Ambon. Saya dan Banu Afwan Pribadi, Manger Government and Education Sector Enterprise Business PT Samsung Elektronik Indonesia tampi sebagai pembicara utama. 

Selesai dari Ambon, dengan kapal cepat saya bersama Ketua IGI Wilayah Ambon Ode Abdurrahman menyebrang ke Masohi, ombak setinggi tiga meter pun begitu terasa mengombang-ambing kapal namun semua itu terobati ketika berlabuh di Pelabuhan Amahai Masohi. 

Kami disambut tari cakalele oleh pasukan IGI Maluku Tengah dibawah komanda Ustad Asmara Wasahua, besok saya bertugas memotivasi kawan-kawan di Maluku tengah agar fokus meningkatkan kompetensinya terutama penggunaan IT dalam pembelajaran. 

Selamat bertugas Pak Anies Baswedan dalam ladang amal yang lebih luas, selamat datang dan selamat bekerja Prof Muhadjir Effendy sebagai Mendikbud baru