Wow Plt Gubernur Kepri Sebut Lumrah Setoran OPD

Redaksi Rabu, 11 Desember 2019 22:00 WIB
139x ditampilkan Headline Tanjungpinang

TANJUNGPINANG, - Pelaksana tugas (Plt) Gubernur Kepulauan Riau Isdianto, mengatakan lumrah Kepala OPD di Provinsi Kepri menyuap Gubernur dengan dana APBD untuk kepentingan Pribadi.

Hal itu dikatakan Plt.Gubernur Kepri Isdianto, menanggapi dugaan suap dan gratifikasi yang dilakukan 24 Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) provinsi Kepri kepada terdakwa Gubernur non aktif Nurdin Basirun sebagai mana yang dibeberkan Jaksa KPK pada Dakwaan Nurdin Basiru di PN Tipikor Jakarta Pusat, Rabu (4/12/2019) lalu.

Menurutnya, meski dalam dakwaan tersebut disebutkan nama beserta jumlah nominal gratifikasi yang diberikan 24 OPD kepada terdakwa. Namun, tentunya hal tersebut belum dapat dipastikan hingga tahapan persidangan membuktikannya.

“Saya kira tak ada salahnya OPD membantu (Pimpinan-red) membayar makan atau lain sebagainya. Saya kira itu suatu yang lumrahlah, biasa-biasa saja,”ujarnya saat ditemui usai memimpin rapat rutin OPD di Kantor Gubernur, Pulau Dompak, Senin (9/12/2019).

Jika pun sesuai dengan dakwaan tersebut, lanjut Isdianto, dirinya tidak menilai bahwa gratifikasi yang diberikan oleh OPD tersebut merupakan “Setoran khusus”. Melainkan, bantuan kepada pimpinan yang kerap turun ke lapangan, bersosialisasi kepada masyarakat.

“Saya kira itu bukan setoran khususlah. Itu lebih kepada bantuan kepada pimpinan. Kan banyak kegiatan turun lapangan bersosialisasi bersama masyarakat,”ucap Isdianto.

Sumber: https://presmedia.id/berita-5465/plt-gubernur-kepri-anggap-lumrah-kepala-opd-suap-gubernur-non-aktif-nurdin-basirun.html