Ini Pesan Uskup Agung Setelah Pimpin Misa Natal di Gereja Khatedral

Ukki Selasa, 24 Desember 2019 21:52 WIB
474x ditampilkan Liputan Khusus Makassar

Makassar, Terkininews.com - Uskup Agung Johanness Liku Ada' memimpin Misa Natal I di gereja Khatedral Makassar, jalan Kajoalalido, Selasa (24/12/2019) dengan mengangkat tema 'Hiduplah Sebagai Sahabat Bagi Semua Orang'.

Dalam kesempatannya, Uskup Agung Johanness Liku Ada' mengatakan, bahwa tema untuk perayaan Natal tahun ini adalah tema nasional yang diputuskan oleh Persatuan Gereja Indonesia Konferensi Wali gereja Indonesia (PGI KWI).

Dimana kata Uskup Agung Jhon Liku Ada' bahwa tema itu juga dilatarbelakangi deklarasi persaudaraan manusia yang ditandatangani oleh dua tokoh agama didunia pada tanggal 4 Februari 2019, lalu di Abudabi oleh Paus Fransiskus dan Syekh Ahmed Al Khayet Imam besar dari Kairo.

"Pesan Natal itu, adalah Alah yang menjadi menyertai manusia Alah yang masuk dalam ruang dan waktu yang menyertai manusia, menjadi solider dengan manusia, dan memperhatikan ikatan yang satu sama lain dalam nama tuhan, bahwa umat manusia adalah satu keluarga yang besar yang maha esa," ucap Uskup Agung Jhon Liku Ada' saat ditemui wartawan.

Tentunya lanjut Uskup Agung Jhon Liku Ada' bahwa ini sangat relevan untuk pesan bagi bangsa Indonesia saat ini yang sampai sekarang memang terjadi intoleransi, ujaran kebencian kemudian kecenderungan politik identitas yang menjadi gejala yang mengganggu dan mengancam kerukunan bangsa ini yang memiliki semboyan Bhineka Tunggal Ika, satu dalam perbedaan, berbeda dalam kesatuan.

Untuk itu, umat Kristiani di seluruh Indonesia untuk berupaya menghayati tema itu, menjadi sahabat, menjadi saudara setiap warga dan berbangsa setanah air.

"Saya berharap agar umat Kristiani semakin tampil didepan untuk menjadi saksi-saksi dalam persaudaraan sejati, sebagai contoh adalah Yesus Kristus yang datang bukan untuk dilayani melainkan datang untuk melayani yang menyerahkan nyawanya untuk semua orang. Karena dia mengasihi manusia," pesannya.

Ia juga sangat berterima kasih atas kehadiran Gubernur Sulsel Prof HM Nurdin Abdullah dan Pj Walikota Makassar Iqbal Suhaeb dan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) di Gereja Khatedral karena, merasa diayomi oleh pemerintah.

Sehingga umat dapat merayakan natal dengan damai, nyaman, dan tenteram merasa aman karena ada perhatian dari pemerintah.

"Saya juga secara pribadi ucapkan terima kasih kepada pihak keamanan yang telah beberapa hari ini, telah sibuk melaksanakan tugas untuk mengamankan perayaan Natal tahun ini, dan itu sangat menenteramkan bagi kami dalam merayakan natal dengan tenang, aman, damai dan nyaman," harapnya. (*)