Berikut Pengertian ODP, PDP, Suspect, dan Istilah Corona Lainnya

Redaksi Kamis, 19 Maret 2020 11:01 WIB
1100x ditampilkan Headline Kepri Terkini Nasional

JAKARTA : Pengertian dari istilah-istilah ODP, PDP, Suspect, dan istilah corona lainnya tentu menjadi perhatian publik. Ya, pandemi virus corona baru Covid-19 mulai menginfeksi Indonesia. Angka pertambahan jumlah kasus terinfeksi corona mengalami peningkatan setiap harinya.

Merujuk pada data pemerintah pusat per 17 Maret 2020, total sudah ada 172 orang yang dinyatakan positif virus corona. Penambahan terbanyak dari DKI Jakarta, kemudian disusul Jawa Timur, Jawa Tengah dan Kepulauan Riau.

Angka Orang Dalam Pemantauan (ODP) dan Pasien Dalam Pengawasan (PDP) juga terus mengalami peningkatan. Dilaporkan ada seorang PDP yang diisolasi di RSUP Adam Malik, Medan dengan riwayat pergi ke Israel meninggal dunia.

Sebelum membahas lebih lanjut, tahukah Anda arti ODP, PDP, suspect, hingga pasien positif dan negatif?

Simak penjelasan berikut mengenai istilah-istilah yang dipakai dalam penanganan virus corona.

Juru bicara pemerintah untuk penanganan COVID-19 Achmad Yurianto memberikan keterangan pers di Kantor Presiden, Jakarta, Jumat (13/3). [ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan]

Juru bicara pemerintah untuk penanganan COVID-19 Achmad Yurianto memberikan keterangan pers di Kantor Presiden, Jakarta, Jumat (13/3). [ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan]

1. Orang Dalam Pemantauan (ODP)
ODP artinya seseorang yang memiliki riwayat sempat bepergian ke negara yang telah terinfeksi virus corona atau melakukan kontak dengan orang terinfeksi vius corona. Namun, ia belum menunjukkan adanya gejala-gejala telah terinfeksi virus.

Meskipun tanpa menunjukkan gejala, orang dalam kategori ODP harus mendapatkan pemantauan dari instansi kesehatan setempat.

2. Pasien Dalam Pengawasan (PDP)
PDP adalah pasien yang menunjukkan gejala terinfeksi virus corona. Gejala tersebut meliputi demam, batuk, pilek, dan sesak napas.

Pasien dengan kategori PDP perlu mendapatkan pengawasan dari tenaga medis. Sebab, mereka sudah masuk sebagai pasien yang perlu mendapatkan pengobatan.

3. Suspect

Pasien corona. (Antara)

Pasien corona. (Antara)

Suspect artinya pasien yang memiliki riwayat bepergian ke negara terinfeksi virus corona atau melakukan kontak dengan pasien positif corona. Ia diduga kuat telah terinfeksi corona dan memiliki gejala terinfeksi virus itu.

Pasien dengan kategori suspect akan menjalani pemeriksaan dua metode, yakni Polymerase Chain Reaction (PCR) dan Genome Sequencing. Dari pemeriksaan tersebut akan diketahui apakah pasien dinyatakan positif corona atau negatif corona.

4. Pasien Positif
Pasien positif adalah pasien yang telah terbukti secara medis telah terinfeksi virus corona melalui proses pengujian laboratorium.

5. Pasien Negatif
Pasien negatif adalah pasien yang tidak terbukti terinfeksi SARS-CoV-2 melalui hasil pengujian laboratorium. Istilah ini juga bisa diberikan kepada pasien yang sebelumnya dinyatakan positif corona, namun sudah sembuh dan terbebas dari virus itu.

Itulah arti ODP, PDP, Suspect, dan istilah corona lainnya! *** (https://www.suara.com/news/2020/03/18/104114/arti-odp-pdp-suspect-dan-istilah-corona-lainnya )

Sumber