Jefridin Lantik Kepala Kesbangpol Pertama Kali dengan Protokol Covid-19

Admin Kamis, 16 April 2020 19:38 WIB
91x ditampilkan Batam Headline

BATAM, -- Sekretaris Daerah Kota Batam H Jefridin melantik Riama Manurung sebagai Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Batam untuk pertama kalinya dalam sejarah, pelantikan pejabat Pemko Batam ini menggunakan protokol Covid-19. 

Jefridin dan sejumlah undangan yang hadir di holding room Lantai 1 Kantor Walikota Batam, Kamis (16/4/2020) itu tampak memakai masker serta diwajibkan menjaga jarak sebagai upaya untuk mencegah penularan virus Corona.

Di antara undangan itu ada Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM), serta Kepala Dinas Kominfo Kota Batam Azril Apriansyah.

Selain itu, yang berbeda dari pelantikan sebelumnya adalah pelantikan Kepala Kesbangpol ini berlangsung sederhana dan
durasi pelantikan dipersingkat.

“Pelantikan kali ini kita lakukan dengan sangat ringkas dan melibatkan sedikit mungkin undangan. Sesuai protokol kesehatan dalam upaya pencegahan penularan corona virus disease (Covid-19),” kata Jefridin.

Meski dilakukan secara ringkas dan terbatas, acara pelantikan tetap berjalan lancar dan khidmat.

Sebagai informasi, Riama Manurung yang dilantik menjadi Kepala Kesbangpol sebelumnya menjabat sebagai Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat di Sekretariat Daerah Kota Batam. 

Wanita berjilbab ini menggantikan M Yazid yang telah memasuki masa purnatugas di awal Maret 2020 lalu.

Penetapan Riama menjadi Kepala Kesbangpol ini setelah melalui proses Seleksi Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama Pemko Batam pada Desember 2019. 

Namun pelantikan baru dapat dilaksanakan pertengahan April ini karena adanya ketentuan batas waktu bagi Kepala Daerah yang mengikuti Pilkada 2020. Yaitu melakukan pelantikan pejabat paling akhir 8 Januari 2020, kecuali dengan persetujuan Menteri Dalam Negeri (Mendagri).

“Pemko Batam telah menyurati Kementerian Dalam Negeri agar diperkenankan melakukan pelantikan. Karena kita butuh kekosongan posisi ini untuk diisi. Karena terkait juga dengan pelaksanaan Pilkada nantinya,” kata dia.

Sebagai jawaban, pada 19 Maret 2020 telah keluar Surat Persetujuan dari Mendagri. Kemudian disusul Surat Persetujuan malaksanakan pengangkatan dan pelantikan dari Plt. Gubernur Kepri pada 15 April 2020.

“Karena surat persetujuan sudah kita terima, maka hari ini kita lantik,” terang Jefridin.

Kepada Kepala Badan Kesbangpol yang baru, ia berpesan agar dapat bekerja keras. Serta melaksanakan tugas dengan baik dan membawa peningkatan kinerja di organisasi perangkat daerah (OPD) yang dipimpin. (MC Pemkot/*)