Perusahaan Terverifikasi Dewan Pers Perlu Dapat Insentif

Admin Sabtu, 18 April 2020 22:22 WIB
103x ditampilkan Batam Headline

BATAM - Wakil Ketua II DPRD Kepulauan Riau Raden Hari Tjahyono berharap pemerintah memberikan dana insentif kepada jurnalis yang berkompeten dan perusahaan media terverifikasi dewan pers karena dianggap paling berjasa dalam memberitakan Covid 19.

"Saya melihat kerja-kerja jurnalis di lapangan luar biasa, mereka harus diapresiasi tanpa mereka tidak mungkin kita mendapatkan berita secepat ini dan kita juga lihat beberapa perusahaan pers efek Corona ini juga terimbas, khusus media cetak biayanya juga tinggi, mungkin Pemda bisa mensubsidi," kata Raden Hari Tjahyono yang juga Ketua DPW PKS Kepri ini Sabtu (18/04/2020).

Menurutnya, secara nasional dewan pers sudah mengajukan permohonan ke kementerian bidang perekonomian untuk hal ini.

"Saya mendapatkan informasi ini dari rekan-rekan wartawan, bentuknya bisa saja membantu Pembayaran BPJS Kesehatan dan Ketenagakerjaan tahun 2020 ditanggung oleh Pemda, Pemberlakuan subsidi 20% dari tagihan listrik bagi perusahaan pers selama masa pandemi berlangsung, Pengalokasian anggaran diseminasi program dan kinerja pemerintah untuk perusahaan
pers yang terdaftar di Dewan Pers," kata Raden Hari Tjahyono.

Dia menambahkan, jurnalis sekarang sudah memiliki tiga kompetensi kalau dilihat dari aturan dewan pers dimulai dari muda, madya dan utama. Sementara untuk perusahaan media ada tiga strata juga terdaftar, verifikasi administrasi, verifikasi faktual dan administrasi. 

"Tentu semua media yang sudah memenuhi kriteria dewan pers perlu mendapatkan insentif dan saya sarankan jurnalis dan perusahaannya dibantu," tutup Raden Hari Tjahyono.