Meski Pandemi, Bawaslu Produktif Adakan 8 Pelatihan Via Daring

Admin Jumat, 15 Mei 2020 17:14 WIB
175x ditampilkan Headline Tanjungpinang

Tanjungpinang, -- Meski pandemi Covid-19 melanda, tak menyurutkan spirit Bawaslu untuk meningkatkan kapasitas SDM dan melakukan penguatan kelembagaan dalam mensukseskan Pilkada 2020.

Dalam keterbatasan jarak yang memisahkan, Bawaslu Kota Tanjungpinang beserta jajaran staf mengikuti kegiatan Divisi Hukum, Humas, Data dan Informasi Bawaslu Provinsi Kepulauan Riau bersama Bawaslu Kabupaten/Kota Se-Kepri via Daring, mulai dari tanggal 5-15 Mei 2020.

Ketua Bawaslu Kota Tanjungpinang menjelaskan ada delapan kegiatan yang diikuti selama dalam dua minggu ini, guna meningkatkan kapasitas SDM Pengawas tentang hukum, kehumasan, pengelolaan data dan informasi. 

"Kegiatan tersebut sangat bermanfaat dalam meningkat kapabilitas SDM dan kelembagaan Bawaslu, sehingga tetap bernilai produktif, meskipun dalam masa pandemi yang mengharuskan physical distancing dan social distancing", tutur Zaini yang juga Kordiv. Pengawasan, Humas, Hubungan Antar Lembaga, usai mengikuti kegiatan akhir pelatihan di Kantor Bawaslu Kota Tanjungpinang, Jumat (15/05/2020)

Zaini mengungkapkan materi pelatihannya meliputi; penguatan program JDIH; advokasi hukum; Pemahaman tentang SOP PPID; Strategi dan kiat menulis karya tulis hukum; legal opinion; Pembuatan penulisan berita, fotografi, dan videografi; pemahaman tentang PPID dan PPID online; Strategi dan kiat meningkatkan rating dan popularitas media Bawaslu. 

Narasumber kegiatan tersebut, yaitu dari Pimpinan Bawaslu RI Fridz Edwar Siregar, SH, LL.M, Ph.D (Kordiv Hukum Bawaslu RI), Bawaslu Kepri Indrawan SP, S.H, M.H (Kordiv.Hukum, Humas, dan Hubal Bawaslu Kepri), Tim Ahli Bawaslu RI; Witra Evelin Maduma Sinaga, SH, MH
(Kasubag Pemantauan Putusan dan Bantuan Hukum Bawaslu RI), Dr.Bachtiar Baetal, SH, MH (TA Hukum Bawaslu RI) Sulastio (Humas Bawaslu RI), Haryo Sudrajat (Kasubag Publikasi & Dokumentasi Bawaslu RI), dan para profesional dibidangnya;
Dr.Syopiansyah Jaya Putra, M.Si (Direktur UIN Syarif Hidayatullah Jakarta), Nicolas Panama (Wartawan senior Media Antara News Kepri), Andre Mediansyah
(Fotografer Media).

Dikatakan Zaini, kegiatan pelatihan melalui video conference (vidcon) tersebut bersama Pimpinan Kepri dan Komisioner Bawaslu Kabupaten/Kota sekaligus bernilai silaturahim dan koordinasi, sehingga akan semakin siap dalam menghadapi jika dimulai kembali tahapan Pilkada 2020 pasca penundaannya oleh KPU. Dan yang penting pendalaman materi terhadap kajian hukum, serta upaya peningkatan media sosial, website sebagai ujung tombak kehumasan.

"Kami sangat mengapresiasi dan berterima kasih kepada Bawaslu Kepri yang telah fasilitasi kegiatan yang sangat bermanfaat dan produktif ini", ucap Zaini

Sementara itu, Anggota Bawaslu Provinsi Kepulauan Riau Indrawan SP menjelaskan bahwa kegiatan tersebut, diharapkan mampu meningkatkan kapasitas SDM dan kelembagaan Bawaslu dalam bidang hukum, kehumasan, dan hubungan antar lembaga. Sekaligus menunjukan kepada publik, bahwa Bawaslu tidak berdiam diri dalam masa wabah Corona, namun tetap bekerja dan meningkatkan kinerja dalam suasana yang penuh keterbatasan.

"Mari kita bergandengan tangan untuk meningkatkan performa lembaga, sehingga publik mengetahui bahwa Bawaslu tetap bekerja  secara optimal dalam masa pandemi dan penundaan Pilkada 2020", ungkap Indrawan yang juga Kordiv. Hukum, Humas, Data dan Informasi arahan Indrawan via vidcon dalam mengakhiri pelatihan tersebut.