Soft Launcing Program Qurban Berkah 1441 Hijriah, KNRP Kepri Jembatani Warga yang Ingin Laksanakan Ibadah Qurban di Palestina

Admin Ahad, 31 Mei 2020 17:13 WIB
172x ditampilkan Tanjungpinang Headline

TANJUNGPINANG - Komite Nasional untuk Rakyat Palestina (KNRP) Kepulauan Riau soft launching program Qurban Berkah 1441 Hijrah dengan tema Berkah Qurban Bersama Palestina pada Ahad (31/05/2020).

Hal ini seperti diungkapkan Ketua Bidang Program KNRP Kepri Rian Hidayat baru-baru ini kepada wartawan. Menurutnya, program ini adalah merupakan program kesekian kalinya sejak 14 tahun KNRP lahir pada 8 Mei 2006 lalu. 

"Tiap tahun kita melakukannya, kita salurkan di wilayah pengusian dan di jalur Gaza, Palestina, untuk paket qurbannya sendiri sapi Rp38 Juta, kambing 5 Juta, bingkisan idul Adha Rp 350 ribu dan infak tidak ditetapkan kita punya program gerakan infak dimulai Rp 10 ribu," kata Rian Hidayat. 

Berdasarkan data yang dihimpun KNRP dari berbagai sumber, Per 27 Januari 2020 Palestina merupakan negara dengan jumlah pengungsi terbesar di dunia. Saat ini ada 14.383.000 jumlah orang Palestina di dunia. Sebanyak 10.068.450 orang Palestina atau 70% dari jumlah total orang Palestina berstatus sebagai pengungsi. Dari 70% total pengungsi, sekitar 6 juta orang pengungsi terdaftar di UNRWA.

Para pengungsi Palestina tinggal di kamp-kamp pengungsi. Sedikitnya terdapat 61 kamp untuk menampung 3 juta pengungsi dan tersebar di beberapa wilayah pengungsi Palestina, seperti Jalur Gaza, Tepi Barat, Yordania, Lebanon, dan Suriah. Sisanya 3 juta pengungsi Palestina lainnya memilih hidup di luar kamp, dengan konsekuensi tidak mendapatkan bantuan dari UNRWA. 

Terpisah, Raja Dachroni Sekretaris Umum KNRP Kepulauan Riau mengungkapkan  tahun kemarin ada empat dermawan di Kepri ikut dalam program tersebut dan relawan KNRP dari Karimun ikut serta dalam program penyalurannya. 

"Empat dermawan di Kepri itu tiga dari Tanjungpinang dan satu dari Karimun, tentu kita berharap tahun ini ada peningkatan dari sisi kuantitas, kita membuka peluang ini selebar-lebarnya bagi masyarakat Kepri," kata Raja Dachroni.

KNRP Kepri juga membuka jalan bagi dermawan yang ingin ikut program tersebut dengan dua layanan, layanan transfer dan layanan jemput donasi. "Jika masyarakat ingin dijemput bisa menghubungi No WA admin KNRP Kepri 0877 6378 3086," tutup Raja Dachroni.

Disamping membuka program Qurban Berkah untuk Rakyat Palestina, tahun ini KNRP Kepri bekerjasama dengan Komunitas Sinergi Kebaikan Palestina (SKP) membuka juga peluang donasi hewan qurban di Kepri yang penyalurannya akan diberikan ke masjid-masjid yang memang belum sama sekali tersentuh hewan qurban atau minim. (*)