Ingin ke Lingga, Ini Syarat yang Harus di Lengkapi

Redaksi Kamis, 4 Juni 2020 11:31 WIB
438x ditampilkan Headline Lingga

LINGGA - Pemerintah kabupaten Lingga melalui Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana telah mengeluarkan surat pemberitahuan No.440/DINKES.PPKB-Yankes/760 tanggal 3 Juni 2020  terkait persyaratan orang yang ingin masuk dan keluar kabupaten Lingga.

Adapun isi surat tersebut mewajibkan bagi orang yang ingin berangkat keluar atau masuk kabupaten Lingga harus memiliki surat keterangan bebas Influenza. Adapun syarat-syarat jika ingin mengurus surat tersebut di kabupaten Lingga sebagai berikut :

1. Harus menunjukkan surat indentitas diri

2. Surat keterangan sehat jasmani dan rohani serta tidak ada tanda-tanda flu ( demam, fileks, hidung tersumbat, bersin-bersin,batuk, sakit tenggorokan, sakit kepala, lemas, nyeri otot, tidak nafsu makan, mual dan lain-lain )

3. Untuk permintaan surat keterangan bebas influenza tidak dikenakan biaya apapun.

Terpisah, kepala dinas Perhubungan kabupaten Lingga Selamat juga menuturkan kepada awak media, selain surat keterangan bebas Influenza dari rumah sakit atau puskesmas, keterangan uji tes Reverse Transcription - Polymerase Chain Reaction (RT-PCR) dengan hasil negatif yang berlaku 7 hari atau surat keterangan uji Rapid Test dengan hasil non reaktif yang berlaku 3 hari pada saat keberangkatan, jelas Selamat.

Lanjutnya, jika yang ingin bepergian tersebut merupakan pegawai ASN atau TNI-Polri, perlu menyertakan surat tugas yang ditandatangani pejabat setingkat eselon II. Sedangkan bagi pegawai BUMD atau pegawai swasta, juga perlu menyertakan surat tugas yang ditandatangani direksi atau kepala kantor.

"Perlu juga surat pernyataan yang ditandatangani diatas materai dan diketahui lurah atau kepala desa setempat. Ini bagi penumpang yang tidak mewakili instansi pemerintahan atau swasta," ujarnya. ***