Potensi Besar Wakaf Produktif untuk Indonesia Maju dan Sejahtera

Admin Kamis, 10 September 2020 15:02 WIB
73x ditampilkan Headline Tanjungpinang

TANJUNGPINANG - Wakaf selama ini diidentikkan dengan hibah lahan dari pemberi wakaf atau disebut waqif kepada lembaga tertentu untuk pembangunan masjid. Itu yang lazim terjadi, padahal, wakaf bisa lebih jauh dikembangkan hanya sekedar itu saat ini dikenal sebagai wakaf produktif.

Hal itu terungkap dalam live streaming video podcast Raja Dachroni Channel bersama Kepala Laznas Yakesma Kepri Daan Syahrizqi Hidayat Kamis (10/09/2020).

Menurutnya dengan mengutip beberapa referensi buku tentang wakaf,  wakaf adalah sebuah skema pengelolaan donasi wakaf dari umat, yaitu dengan memproduktifkan donasi tersebut, hingga mampu menghasilkan surplus yang berkelanjutan. Donasi wakaf dapat berupa benda bergerak, seperti uang dan logam mulia, maupun benda tidak bergerak, seperti tanah dan bangunan. Surplus wakaf produktif inilah yang menjadi sumber dana abadi bagi pembiayaan kebutuhan umat, seperti pembiayaan pendidikan dan pelayanan kesehatan yang berkualitas.

"Selama ini, masyarakat cenderung menyalurkan wakaf melalui aset tidak bergerak (wakaf sosial). Padahal, ada yang namanya wakaf produktif atau wakaf uang," kata Daan Syahrizki Hidayat.

Bagaimana dengan praktek dan contoh-contohnya sehingga wakaf produktif bisa membuat Indonesia maju dan sejahtera dengan spirit kebaikan di dalamnya,  anda bisa melihat live streaming nya dengan mengikuti seluruh media sosial berikut https://bit.ly/RajaDachroniChannel