Galeri Investasi Politeknik Negeri Batam Persembahan PT Bursa Efek Indonesia, PT Phillip Sekuritas Indonesia

Admin Ahad, 13 September 2020 17:40 WIB
91x ditampilkan Batam Bisnis Headline

BATAM, -- Galeri Investasi Politeknik Negeri Batam bekerjasama dengan PT Bursa Efek Indonesia (IDX) dan PT Phillip Sekuritas Indonesia mengajak mahasiswa dan masyarakat Batam untuk menambah kantong ilmu serta keuntungan melalui investasi di Pasar Modal Indonesia Sekolah Pasar Modal (SPM) yang dalam situasi pandemi ini melakukan secara online. 

Doni Putra Utama selaku Direktur Galeri Investasi Politeknik Negeri Batam mengharapkan dari kegiatan tersebut dapat memberikan kontribusi nyata dari Perguruan Tinggi Politeknik Negeri Batam kepada masyarakat di Kota Batam dan sekitarnya untuk membantu perekonomian Indonesia dalam jangka panjang.
 
Sementara Indra Novita selaku P.H. Kepala Kantor Perwakilan Bursa Efek Indonesia Kepulauan Riau Minggu (13/9/2020) kepada terkininews.com menjelaskan bahwa ditengah masa pandemi ini, saatnya kita membangun negeri dengan cara menginvestasikan sebagian uang atau penghasilan kita.

Menurutnya adapun cara menabung saham, karena dengan menabung saham kita dapat memberikan kontribusi nyata kepada bangsa ini dengan cara membantu perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (emiten) untuk tetap meningkatkan kinerjanya meskipun dalam masa pandemi.

Perusahaan tersebut juga diharapkan mampu menghasilkan produk-produk yang berdaya saing tinggi sehingga tidak kalah dengan produk-produk lainnya baik yang berasal dari lokal maupun dari luar negeri. Selain saham, kita juga bisa mengivestasikan uang kita dengan cara membeli produk-produk pasar modal lainnya seperti; Reksa Dana, Obligasi, Exchange Traded Fund (ETF) dan produk derivatives lainnya. Kata Indra Novita

"Obligasi Ritel Indonesia (ORI) juga menjadi daya tarik investasi saat ini, dengan membeli ORI, kita juga dapat membantu keuangan negara dan kuangan kita sendiri." Tambahnya.
 
Lanjut hal tersebut diperkuat oleh PT Phillip Sekuritas Cabang Batam, Jesylin Novianty dalam presentasinya menambahkan bahwa tidak hanya saham saja untuk berinvestasi, tapi juga bisa dilakukan dengan cara yang lain seperti membeli Reksa Dana, dll dimana PT Phillip Sekuritas Indonesia memiliki aplikasi online trading bernama POEMS dan salah satu fitur pada aplikasi tersebut memudahkan kita untuk memilih secara otomatis investasi dari Saham ke Reksa Dana maupun sebaliknya.

"Ini merupakan langkah yang tepat bagi generasi muda apalagi untuk jangka panjang. Tidak hanya membantu negara ini, tapi juga membantu keuangan diri kita sendiri, apalagi kaum milenial yang sering kali mengeluarkan dana untuk membeli sesuatu yang dinginkan tetapi bukan yang dibutuhkan, sehingga sering kali kaum milenial lupa untuk memiliki investasi yang berguna untuk masa depan kita dikemudian hari." Kata P.H. Kepala Kantor Perwakilan BEI Riau.

"Tentunya hal ini adalah pola hidup yang tidak sehat. Oleh sebab itu, dengan investasi sahamlah kita dapat menambah dompet kita dalam jangka yang panjang karena apa yang kita tanam hari ini hasilnya akan kita tuai di kemudian hari." Tuturnya

Kegiatan ini merupakan langkah kepedulian civitas akademika perguruan tinggi Politeknik Negeri Batam untuk bersama PT Bursa Efek Indonesia dan PT Phillip Sekuritas Indonesia melakukan literasi keuangan di Kota Batam serta mengajak masyarakat untuk berinvestasi di pasar modal dalam bentuk Saham, Reksa Dana, Obligasi dll.

Acara Sekolah Pasar Modal tersebut dihadiri oleh kalangan mahasiswa dan pekerja dari berbagai macam profesi. Dan yang paling penting, sebelum berinvestasi haruslah cek ijin lembaga investasinya, apakah terdaftar di OJK atau tidak? karena hanya OJK yang berhak mengeluarkan izin perusahaan investasi di Indonesia. Terangnya

Semua masyarakat Indonesia harus waspada terhadap rayuan lembaga investasi-investasi yang tidak jelas legalitas hukumnya karena pada prisipnya investasi haruslah legal dan logis agar dana investasi kita aman dan kita merasa nyaman berinvestasi. Tutup Jesylin. (*/)