Astra Motor Sulawesi Selatan Gelar Kontes Kreativitas Mengajar Online untuk Guru SMK

Admin Selasa, 29 September 2020 13:39 WIB
25x ditampilkan Headline Makassar Pendidikan

MAKASSAR, -- Astra Motor Sulawesi Selatan selaku Main Dealer sepeda motor Honda di wilayah Sulawesi Selatan, Barat, Tenggara, dan Ambon bersama dengan Astra Honda Motor (AHM) selaku pabrikan sepeda motor Honda menggelar kontes kreativitas mengajar secara online antar guru SMK tingkat regional Sulsel yang diikuti 31 tenaga pengajar unggul dan kreatif dari 20 SMK TBSM (Teknik Bisnis Sepeda Motor).

Kontes Kreativitas Pembelajaran Guru Online 2020 merupakan komitmen Honda untuk memastikan kualitas guru yang mumpuni agar semakin adaptif dan kreatif dalam memberikan materi ajar melalui proses pembelajaran jarak jauh secara online. Kreativitas pembelajaran online antar guru khususnya dalam penerapan kurikulum TBSM Astra Honda ini akan dilombakan melalui seleksi dari tingkat regional untuk nantinya pemenang dari tiap wilayah regional akan bertarung di tingkat nasional yang merupakan komitmen Honda dalam mewujudkan kesinambungan dalam mendukung pendidikan vokasi di Indonesia.

Para guru diseleksi di tingkat regional yang diselenggarakan sejak tanggal 14 hingga 22 September 2020 ini. Dari 31 guru yang diseleksi, Lauren Riu guru SMK Tritunggal 45 Makassar berhasil mendapatkan gelar Juara ke-1 sekaligus akan mewakili region Astra Motor Sulawesi Selatan di tingkat nasional. 

Selain L.Riu, adapula Halda Rida Syam guru dari SMK Negeri 1 Kolaka yang berhasil mendapatkan juara ke-2, serta Juara ke-3 dimenangkan oleh Mikael Sampebua dari SMK Kristen Tagari Toraja.

Technical Service Manager Astra Motor Sulawesi Selatan Nindyatama mengatakan kontes ini merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan dan mengembangkan kreativitas secara online oleh guru SMK binaan di tengah masa pandemi. Para guru ditantang untuk menyajikan materi yang menarik, ringkas, dan mudah dipahami siswa dalam proses belajar mengajar yang tidak melibatkan interaksi fisik secara langsung. 

"Di kontes ini, para guru peserta wajib membuat sendiri bahan ajar, serta membawakan dua materi ajar secara daring dengan waktu 2×30 menit yang sudah ditentukan sesuai dengan kurikulum SMK TBSM. Guru peserta akan dinilai dari materi ajar yang dibuat, cara membawakan materi, dan kesesuaian materi ajar dengan kurikulum.

Kami berharap melalui kontes ini dapat mewujudkan standar kompetensi guru yang mumpuni sebagai modal utama mencetak siswa-siswi SMK berkualitas di bidang otomotif roda dua,” ujar Nindyatama.

Saat ini, Astra Motor Sulawesi Selatan telah memiliki 20 jaringan SMK Binaan yang tersebar di wilayah Sulawesi Selatan, Barat Tenggara dan Ambon yaitu SMK Tritunggal 45, SMK Nasional Makassar, SMKT Sombaopu, SMKN 7 Takalar, SMK Garudaya Bontonompo, SMKN 2 Bulukumba, SMKN 5 Bone, SMKN 1 Luwu, SMK Baramuli, SKN 2 Pare, SMK 1 Budong, SMK Satria Kendari, SMKN 1 Baula, SMKN 1 Maruge, SMKN 1 Dangia, SMKN 2 Bau-bau, SKN 1 Sampolawa, SMK Tagari, SMKN 3 Toraja Utara, dan SMKN 4 Ambon (*/)