Meski Tidak di Cor, Jalan TMMD Reguler Brebes Sangat Besar Manfaatnya

Sholeh Selasa, 29 September 2020 17:39 WIB
25x ditampilkan Headline

BREBES - Tidak ada alasan bagi warga Desa Kalinusu, Kecamatan Bumiayu, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, untuk tidak berterima kasih kepada TNI jajaran Kodim 0713 Brebes, yang tengah menggelar TMMD Reguler 109, dimana sasaran fisik utamanya adalah membangun jalan pertanian dan jalan tembus ke Dusun Kedung Kandri yang sudah puluhan tahun terisolir dari desanya Kalinusu.

Seperti dikemukakan Jafar Sidik (43), petani asli warga Dusun Karanganyar RT. 02 RW. 01, Kalinusu, bahwa jalan sepanjang 2,2 kilometer lebar 4-6 meter yang membentang dari Dusun Karanganyar menuju Kedung Kandri itu, sangat berarti bagi seluruh warga di desanya, khususnya 100 Kepala Keluarga (KK) di Kedung Kandri.

“Sudah lama warga kami di Dusun Kedung Kandri berharap jalan itu dibangun, karena sudah sekian lama mereka menyeberang rakit di Kali Pemali, jika akan keluar dusun mendapatkan berbagai fasilitas,” ungkapnya, Selasa (29/9/2020).

Dikatakan dengan jalan itu, kini aktivitas warga kami yang sebagian besar sebagai petani sudah lancar, baik saat akan mengolah lahan atau saat membawa pulang hasil panen, serta memangkas ongkos angkutnya.

Menurutnya juga, dirinya bisa menyadari jika dalam waktu dekat jalan tersebut belum bisa di cor atau di aspal. Tentunya, harus menunggu pengeringan sempurna minimal satu tahun, karena jalan itu adalah jalan tanah yang baru baru saja terbuka di areal persawahan hibah milik puluhan warga setempat dan desa tetangga.

Untuk itulah mewakili 8.448 jiwa dari 2.664 KK di desanya, ia mengucapkan banyak terima kasih kepada Pemkab dan Kodim Brebes.