GOW Ajak Tingkatkan Imun, Cegah Covid-19

Sholeh Ahad, 25 Oktober 2020 05:31 WIB
66x ditampilkan Headline

BREBES - Gabungan Organisasi Wanita (GOW) mengajak anggotanya dan seluruh elemen masyarakat untuk meningkatkan imun dalam rangka mencegah penyebaran Covid-19. Ajakan tersebut diwujudkan dalam bentuk senam sehat bersama di alun alun Brebes, Jumat (23/10)

Tampak mengikuti senam, Sekretaris Daerah (Sekda) Brebes Ir Djoko Gunawan MT, Asisten I Sekda Apriyanto,  dan beberapa kepala OPD di lingkungan pemerintah Kabupaten Brebes, pengurus GOW dan ratusan ibu-ibu dari berbagai organisasi wanita serta masyarakat.

Senam sehat bersama, digelar dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-57 GOW 2020 tingkat Kabupaten Brebes.

"Kita harus tingkatkan imun, apalagi ibu-ibu yang padat dengan kegiatan rumahan, maka harus fresh antara lain dengan senam yang juga bisa mencegah Covid-19," kata Ketua GOW Kab Brebes Hj Aqilatul Munawaroh di sela kegiatan.

Organisasi wanita, kata Aqila, harus menjadi pelopor dalam penanggulangan Covid-19. Mengajari dan meneladani bagaimana penerapan protokol kesehatan, di keluarganya masing masing dan lingkungan sekitarnya. Antara lain dengan menerapkan 3 M, yakni Memakai masker, Mencuci tangan pakai sabun dengan air mengalir, dan Menjaga jarak.

Sekda Brebes Djoko Gunawan atas nama Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Brebes, mengucapkan selamat HUT ke+1 GOW ke-57.

"Saya selaku pribadi dan atas nama Pemkab Brebes mengucapkan  selamat ulang tahun, mudah–mudahan di usianya yang ke-57, GOW mampu meningkatkan kualitas hidup para anggotanya, memperkokoh eksistensinya sehingga semakin mampu menyumbangkan darma baktinya kepada masyarakat, bangsa dan negara secara optimal," ujar Djoko.

Selanjutnya, melalui senam masal ini, dia berharap dapat mempererat jalinan silaturahmi serta komunikasi dengan pemerintah Kabupaten Brebes.

Pada bagian lain, kegiatan semacam ini juga dimaksudkan untuk mengingatkan pada seluruh masyarakat akan pentingnya olahraga. Terlebih, di tengah-tengah pandemi covid-19, yang belum bisa dipastikan kapan berakhir. 

"Salah satu cara untuk memutus mata rantai penyebaran covid-19 adalah dengan memperkuat daya tahan tubuh sepertii senam bersama," terangnya.

Selain memperkuat daya tahan tubuh, tujuan senam bersama ini adalah untuk kebugaran. Karena dengan fisik yang bugar maka diharapkan dalam melaksanakan kegiatan atau pekerjaan sesuai dengan tugas dan fungsi masing-masing akan baik dan lancar.

Dikatakan Djoko, pada saat ini, tidak sedikit masyarakat merasakan dampak dengan adanya wabah virus corona. Terutama di sektor ekonomi, di mana faktor ekonomi sangat mendukung kelangsungan sistem kehidupan. Dampaknya pun sangat terasa di seluruh lapisan masyarakat. Mulai dari pedagang, buruh dan lainnya.

Untuk itu, dia berharap kepada anggota gow agar memperhatikan lebih sekitar, meningkatkan kepedulian terhadap sesama. Bantu masyarakat yang kurang mampu, hal ini insya Allah akan menjadi ladang pahala. Bantuan yang sangat bermanfaat bagi yang membutuhkan apalagi ditengah-tengah keprihatinan kita semua akan adanya wabah virus covid-19 yang tengah melanda saat ini.  

"Semua merupakan ujian dari Allah SWT, untuk itu saya berharap kepada seluruh masyarakat Kabupaten Brebes agar bersabar dan senantiasa mendekatkan diri dan berdoa waspada namun tidak panik. Kita tidak pernah tau siapa-siapa yang menularkan virus ini, saat kita berinteraksi," ucapnya.

Turut hadir mengikuti senam Asisten I Sekda Drs Apriyanto Sudarmoko MSi, Plt Dinas Sosial Drs Masfuri MM, Kepala Dinas Perhubungan Johari SH, para Kepala Bagian di lingkungan pemerintah Kabupaten Brebes, Ketua GOW Aqilatul Munawaroh beserta jajaran pengurus GOW, dan perwakilan organisasi wanita yang ada di Kabupaten Brebes.