Jumadi Dianugerahi Human Excellent 2020

Diterbitkan oleh Sholeh pada Ahad, 25 Oktober 2020 05:18 WIB dengan kategori Headline dan sudah 483 kali ditampilkan

CIREBON – Wakil Wali Kota Tegal Muhamad Jumadi, S.T., M.M., dianugerahi Human Excellent 2020 oleh Yayasan Peduli anak Indonesia (PENA). 
Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Sultan Kacirebonan Yang Mulia Sultan Abdullah Ghani Natadiningrat Sabtu (24/10/2020) di Keraton Kacirebonan, Kota Cirebon, dalam acara Royal Lunch and Awards Ceremony  Penghargaan tersebut diberikan karena jasanya yang luar biasa dalam memberikan kontribusi pada kemanusiaan dan budaya.
Sementara pin penghargaan disematkan di dada kiri Jumadi oleh Ketua Yayasan PENA yang sekaligus Ketua Panitia 75th United Nations atau Peringatan 75 Tahun Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), BRAy. (Bendono Raden Ayu) Erna Santoso. 
Selain itu, Jumadi juga mendapatkan sertifikat ucapan terima kasih karena telah berpartisipasi dan mendukung penuh Hari Peringatan 75 Tahun PBB.  Di 75th United Nations, para penerima penghargaan dan tamu undangan diajak untuk mendukung penuh pengusulan International Culture Day yang diusulkan dan diinisasi oleh Keraton Kacirebonan agar dapat diterima oleh PBB. Sebab, menurut KPH. (Kanjeng Pangeran Haryo) Damien Dematra, selama ini belum ada Hari Kebudayaan Internasional di dunia. 
Jumadi yang didampingi istri, Dyah Probondari mengaku sangat bangga dan mendedikasikan penghargaan tersebut untuk warga Kota Tegal. Jumadi atas nama peribadi dan Pemerintah Kota Tegal mengucapkan terima kasih kepada Sultan Kacirebonan dan PENA yang telah memberikan penghargaan kepadanya.
“Saya terima kasih kepada Keraton Kacirebonan yang telah memberikan apresiasi kepada saya dengan penghargaan sebagai Human Excellent 2020 untuk humanity and culture dan salah satu yang berpartisipasi dalam rangka support untuk Peringatan PBB yang ke-75 dan memahami, menghargai dan mencintai budaya untuk keberlangsungan Bangsa Indonesia ini. Hari ini kita sepakat untuk bersama-sama mendeklarasikan International Culture Day agar diusulkan ke PBB,” ungkap Jumadi sumringah.
Jumadi juga berharap mudah-mudahan kedepan, seluruh masyarakat bangsa Indonesia memahami bahwa pentingnya budaya untuk meningkatkan harkat dan martabat suatu bangsa, dari budaya dapat menaikan harkat dan martabat bangsa Indonesia. “Sekaligus juga mengingatkan kepada anak cucu bahwasannya budaya, budaya dan budaya adalah kunci sukses suatu bangsa,” jelas Jumadi.
Sementara itu, saat memberikan sambutannya Sultan Kacirebonan, Yang Mulia Sultan Abdullah Ghani Natadiningrat menyampaikan selamat dan terimakasih atas kedatangan para penerima penghargaan di Kasultanan Kacirebonan. Ia berharap dari acara ini akan tumbuh culture for peace. 
“Marilah berbudaya untuk kedamaian dan jadikanlah kebudayaan sebagai tolak ukur kedamaian,” ucap sang Sultan.
Ketua panitia, BRAy Erna Santoso menyampaikan bahwa acara ini juga merupakan kegiatan dalam rangka peringatan peringatan 75 tahun United Nations Day Celebration dan untuk pertama kalinya hari kebudayaan internasional pertama kali diadakan.
Terkait pemberian penghargaan sebagai Human Exellent untuk Humanity and Culture kepada Jumadi, BRAy Erna Santoso mengatakan Jumadi merupakan orang muda yang berprestasi, putra daerah, sudah banyak mengembangkan UMKM, wiraswasta, dan berpendidikan. “Ia juga orangnya low profile, mau turn ke bawah. Harapan kita, agar mau bersama-sama mengembangkan budaya dari Tegal,” jelas BRAy Erna Santoso yang juga menyebut Kota Tegal memiliki banyak budaya khas. “Dia bilang saya mau menggali apa yang menjadi ciri khas budaya Kota Tegal,” ungkap BRAy Erna Santoso. 
Sepanjang acara dihadiri YM Raja, Sultan, Penglingsir, Ratu, Pangeran dari berbagai daerah berlangsung, juga ditampilkan berbagai macam tarian sepert tari topeng kelana, tari sintren. Tak ketinggalan disuguhkan berbagai makanan khas Cirebon seperti tahu gejrot dan nasi bogana.