Rumahnya Direnovasi Satgas TMMD Reguler Brebes, Mbah Raad Akan Kenang Sampai Mati

Sholeh Ahad, 25 Oktober 2020 04:40 WIB
19x ditampilkan Opini

Brebes - Mbah Raad (66), warga Dusun Karanganyar RT. 02 RW. 01, Desa Kalinusu, Kecamatan Bumiayu, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, mengaku renovasi RTLH (Rumah Tidak Layak Huni) miliknya melalui program TMMD Reguler 109 Kodim 0713 Brebes, akan menjadi kenangan seumur hidupnya.

Hal itu diungkapkannya kepada Sertu Sunaryo, anggota tim jurnalistik TMMD Reguler yang menyambangi rumahnya. Sabtu (23/10/2020).

Dikatakan Mbah Raad, bahwa apa yang sudah diberikan TNI dan pemerintah merupakan harapannya selaku rakyat kecil dan kini telah diwujudkan melalui program TMMD.

“Alhamdulillah, apa yang menjadi harapan saya selama ini untuk mendapatkan bantuan akhirnya terlaksana dengan TMMD oleh TNI. Terima kasih TNI dan pemerintah yang sudah peduli dengan rakyat kecil,” ungkapnya mengapresiasi.

Sementara disampaikan Sertu Sunaryo, adapun pengecatan dengan warna hijau khas TNI-AD itu bertujuan agar pemilik rumah dapat ingat bahwa itu karya TNI yang manunggal bersama Pemkab, Polri, segenap Ormas dan pelajar di Kecamatan Bumiayu, dan juga antusias warga setempat yang membantu apa saja dengan keikhlasan.

“Walaupun hanya didanai Rp. 10 juta dari Kodim Brebes, rumah Mbah Raad sempurna karena dibantu juga oleh pihak keluarga, desa, dan swadaya warga setempat,” bebernya.

Tak hanya bangunan rumah, Satgas TMMD bersama masyarakat setempat juga merenovasi sarana sanitasi kakek tersebut, yakni perbaikan jamban dan pembuatan septic tank baru.

Tak lupa Sertu Sunaryo menitipkan pesan, agar apa yang telah diberikan kepada Mbah Raad agar dirawat dengan baik sehingga awet untuk diwariskan kepada anak cucunya.

Sebagai informasi, program TMMD tersebut telah berhasil melayakhunikan 5 keluraga kurang mampu di Kalinusu, dengan pendanaan Rp. 10 juta dari Kodim Brebes, yaitu Mbah Raad, Makmuri (30), Sarto (43), Damad (33), dan juga Karmin (38). (Rus/Aan)