Talud Hasil TMMD Reguler Brebes Bermanfaat Besar Sebagai Tempat Istirahat Bertani

Sholeh Ahad, 25 Oktober 2020 04:44 WIB
27x ditampilkan Opini

Brebes – Selesainya pembukaan dan pengerasan jalan TMMD Reguler 109 Kodim Brebes, sepanjang 2,2 kilometer dengan lebar 4-6 meter, di Desa Kalinusu, Bumiayu, Brebes Jawa Tengah, ternyata juga sangat bermanfaat bagi penggembala ternak kambing.

“Jalan TMMD yang membentang di areal persawahan warga ini telah, membebaskan warga Dusun Kedung Kandri dari keterisoliran,” beber Maskur (56), warga Dusun Kedung Kandri RT/RW. 01, Kalinusu. Sabtu (24/10/2020).

Untuk sarana penunjang jalan yang juga telah selesai dibangun, yaitu talud di kanan kiri jalan TMMD, kini menjadi tempat sangat nyaman untuk sarana istirahat.

“Adanya jalan TMMD juga memudahkan mengarahkan gembala ternak warga kami untuk mencari makan,” imbuhnya.

Dijelaskannya lanjut Mbah Kani, sebelum adanya jalan yang dibuat oleh TNI tersebut dirinya tidak pernah menggembala kambingnya sampai ke jalan tersebut. Itu karena dulunya masih berupa sawah dan memang hanya adanya hanya jalan setapak sehingga takut kambing-kambingnya makan tanaman yang ditanam oleh para petani.

“Nembe sak niki menggembala kambing dugi mriki, soale rumiyen mboten wonten dalan,” ungkapnya. (Ahamdulillah sekarang menggembala kambing bisa sampai sini, soalnya dulu tidak ada akses Jalan – red).

Kini dengan adanya akses jalan tersebut, masyarakat Kedung Kandri tidak lagi harus menyeberangi Kali Pemali untuk mendapatkan berbagai fasilitas pelayanan di wilayah desanya Kalinusu, karena mereka tinggal melewati jalan TMMD dalam waktu 5 menit menggunakan sepeda motor.

Lelaki paruh baya tersebut juga menyatakan masih ingat betul, bahwa di sela-sela pekerjaan TMMD, sejumlah anggota Satgas TMMD juga perhatian kepada para petani dan buruh tani, dengan sering membantu mereka bercocok tanam dan memotivasi mempercepat tanam.

“Saya sebagai peternak mengucap syukur, bisa pulang pergi dengan cepat tanpa harus memutar warga Kalinusu,” bebernya. (Rus/Aan)