Di Wilayah Jeruklegi, Intensitas Hujan Yang Cukup Tinggi Sebabkan Beberapa Tembok Rumah Retak dan Tumbangnya Pohon Kelapa Yang Menimpa Rumah Warga

Sholeh Selasa, 27 Oktober 2020 16:55 WIB
32x ditampilkan Opini

Cilacap - Bencana alam kembali terjadi di wilayah Kecamatan Jeruklegi. Di Desa Karangkemiri, terjadi pergeseran tanah di Grumbul Situ RT 04/02 yang mengakibatkan 3 (tiga) rumah milik warga mengalami keretakan. Di hari yang sama, akibat intensitas hujan disertai angin kencang menyebabkan pohon kelapa tumbang dan menimpa rumah milik Kasilem (65th) tepatnya di Jln. Kantil RT 3 RW 6 Dusun Wanasri Desa Jeruklegi Wetan Kecamatan Jeruklegi, Selasa (27/10/2020).

3 (tiga) rumah tersebut adalah rumah milik Sayidi (50th), Saiman (60th), dan rumah milik Sahrudin (56th). Rumah Sayidi, retak terjadi di tembok dapur dan Induk rumah yang retak dari pondasi sampai tembok atas selebar 3 Cm, begitu juga yang menimpa rumah Saiman. Dampak pergeseran tanah mengakibatkan tembok induk rumahnya retak selebar 5 Cm. Rumah Sahrudin yang lokasinya tidak berjauhan dengan Saiman pun terkena dampaknya. Rumah yang dihuninya puluhan tahun kini retak di bagian tembok dapur dan Induk rumah selebar 2 Cm. 

Sedangkan pohon kelapa yang tumbang menyebabkan atap rumah milik Kasilem rusak sehingga air hujan yang masih turun masuk ke dalam rumahnya. Tidak ada korban jiwa namun akibat kejadian alam yang terjadi akibat intensitas hujan yang cukup tinggi diserta angin yang cukup kencang mengakibatkan kerugian material. Ditaksir kerugian masing masing rumah ditaksir mencapai 7,5 Juta rupiah.

Guna meminimalisir dampak yang terjadi akibat tingginya curah hujan, Aparat TNI dari Koramil 02/Jeruklegi bersama warga masyarakat dengan melaksanakan kegiatan kerja bakti membersihkan saluran air dan menarik serta memotong pohon kelapa yang menimpa rumah warga.

"Kejadian alam ini sudah kami laporkan ke Komando Atas dan saat ini guna meminimalisir dampak dari kejadian ini, kita bersama aparat lainnya kerja bakti membersihkan selokan agar tidak lagi terjadi pergeseran tanah. Selain itu juga menarik dan memotong pohon kelapa yang tumbang dan kita pinggirkan. Untuk rumah Ibu Kasilem kita sarankan menggunakan genteng cadangan rumahnya agar air yang turun tidak masuk dan menggenangi rumahnya," tutur Serka Budi Suwantoro, Babinsa Koramil 02/Jeruklegi.

Kita juga menghimbau warga untuk selalu menjaga kebersihan lingkungan dan juga memangkas ranting pohon yang sudah mulai meninggi agar kejadian yang sama tidak terulang lagi,"Tandasnya. (Urip/02)