Jalan Karya TMMD Reguler Brebes Mulai Membuka Lapangan Pekerjaan Baru

Sholeh Selasa, 27 Oktober 2020 16:36 WIB
17x ditampilkan Opini

Brebes – Program TMMD Reguler 109 Kodim 0713 Brebes yang baru saja selesai dilaksanakan di Desa Kalinusu, Kecamatan Bumiayu, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah (21/10), tak hanya telah membangun infrastruktur saja, namun telah menumbuhkan semangat perekonomian baru bagi warga desa setempat dan sekitarnya.

Adanya jalan tembus yang dibangun dari Dusun Karanganyar ke Dusun Kedung Kandri, Kalinusu, sepanjang 2,2 kilometer lebar 4-6 meter, telah membuat Siti (35), warga Dusun Kedung Kandri RT/RW. 01, Kalinusu, memanfaatkan jalan baru sebagai akses utama keluar-masuk dusunnya itu untuk mendirikan warung di titik akhir jalan TMMD, yaitu titik 2,2 kilometer, yang merupakan hasil TMMD.

Tampak warung kecil-kecilan miliknya kini mulai dikunjungi warga setempat dan para pendatang baru. Selasa (27/10/2020).

“Alhamdulillah, sehari buka warung banyak yang jajan, bahkan ada yang berasal dari luar desa Kalinusu karena penasaran dengan jalan baru ini,” ungkapnya kepada Pelda Ibrahim, anggota tim jurnalistik TMMD Reguler 109 Brebes.

Sementara disampaikan Pelda Ibrahim, bahwa dengan adanya akses jalan pembuka keterisoliran warga Kedung Kandri selama puluhan tahun itu, kini telah menghidupkan ekonomi kerakyatan.

“Hal itu sangat wajar karena dulu masyarakat Kedung Kandri benar-benar terisolir dari dunia luar jika Kali Pemali banjir, sehingga harga kebutuhan bahan pokok menjadi lebih mahal dari hari biasanya,” ungkapnya.

Kini dengan adanya akses jalan itu, masyarakat Kedung Kandri tidak lagi harus menyeberangi Kali Pemali dengan naik perahu untuk mendapatkan berbagai fasilitas pelayanan di wilayah desa/kecamatan tetangganya, Bantarkawung, karena mereka bisa mendapatkannya di desanya Kalinusu, dengan langsung melewati jalan TMMD dalam waktu 5 menit menggunakan sepeda motor.

Selaku tim publikasi aspek-aspek TMMD, Pelda Ibrahim juga juga tak lupa menyampaikan apresiasi masyarakat terhadap hasil-hasil pembangunan kepada Pemda, TNI, dan seluruh pihak yang telah mewujudkan harapan seluruh warga Kedung Kandri selama ini.

Pasalnya, dengan jalan tersebut, bagi anak-anak sekolah juga menjadi lebih bersemangat lagi untuk lulus sampai ke bangku SLTA sederajat. (Rus/Aan)