Serba Tiga Ribu, Kedai Murah Sat Lantas Polres Kendal Bantu Penuhi Kebutuhan Warga Terdampak Covid19

Diterbitkan oleh Tauhid pada Kamis, 5 November 2020 22:11 WIB dengan kategori Daerah Headline dan sudah 138 kali ditampilkan

KENDAL- terkininews.com
Masih belum berhentinya pandemi covid-19 membuat banyak warga terkena dampak salah satunya kesulitan mendapatkan bahan makanan, karena tidak bisa lagi membeli akibat harga yang relatif mahal. Dalam hal ini sudah menjadi kewajiban membantu bukan hanya dari pemerintah, namun perlu keterlibatan semua pihak agar roda perekonomian tetap berjalan dan warga tidak lagi kesulitan mendapatkan makanan.

Seperti yang dilakukan oleh Satuan Lalu Lantas Polres Kendal ini yang membantu kebutuhan warga sekitar dengan membuka kedai murah dimana hanya dengan Rp. 3.000,- (tiga ribu rupiah) warga bebas memilih barang kebutuhan pokok. Dalam pelaksanaannya anggota Polwan Satlantas Polres Kendal menjadi sopir mobil box yang berisi aneka macam bahan makanan pokok. Bukan dikirim ke lokasi bencana melainkan mangkal di daerah yang warganya terdampak pandemi covid-19 dan kesulitan mendapatkan bahan makanan pokok.

Kapolres Kendal AKBP Raphael Sandhy Cahya Priambodo yang hadir secara langsung dalam pembukaan Kedai Murah Sat Lantas Polres Kendal ini menyampaikan bahwa bahan makanan yang disediakan mulai dari daging ayam, sayuran, telur, ikan, minyak goreng, gula hingga kebutuhan untuk memasak disiapkan Satlantas Polres Kendal di dalam mobil box. Mobil box disulap menjadi kedai murah yang berisi sembako dan akan melayani warga terdampak covid-19 di sekitar jalan Soekarno -  Hatta Kendal. Namun untuk membantu warga terdampak covid 19, kali ini sembako dan sayuran tidak diberikan secara gratis melainkan Satlantas Polres Kendal mematok harga yang sangat murah dibandingkan dengan harga dipasaran. Dan seluruh hasil penjualan bahan makanan pokok yang terjual selanjutnya akan disumbangkan ke Masjid Agung Kendal.

“Warga yang akan membeli sembako dan bahan makanan di kedai murah ini tetap diminta untuk mematuhi protokol kesehatan dengan pengecekan suhu dan mencuci tangan menggunakan handzanitizer. Agar tidak berkerumun dan saling berebut warga diatur jaraknya dan mengambil kupon seharga Rp 3.000,” terang Kapolres Kendal, Kamis (5/11/2020).

Dijelaskan Kapolres Kendal, dalam kedai murah satu orang hanya dibatasi membeli lima kupon dan uang yang dikumpulkan akan disumbangkan ke Masjid Agung sekaligus menjadikan contoh bagi warga untuk bersedekah.

”Kedai Murah Satlantas Polres Kendal ini merupakan program yang dilaksanakan dalam rangka Operasi Zebra Candi 2020,” tutur Kapolres.

Sementara itu Kasat Lantas Polres Kendal AKP Fiska Ananda, S.I.K., M.H. menerangkan, ide awal kedai murah ini adalah sebagai inovasi dari Satlantas Polres Kendal untuk memberikan sesuatu yang berbeda bagi masyarakat khususnya terdampak covid19..

“Jika membantu warga dengan membagikan sembako sudah sering dilakukan, namun dengan kedai murah ini ikut mengajarkan warga bersedekah karena hasil yang dikumpulkan selanjutnya disumbangkan ke Masjid Agung,” ungkap Kasat Lantas.

Ditambahkan Kasat Lantas bagi warga dengan hadirnya kedai murah ini sangat membantu memenuhi kebutuhan sehari-hari, apalagi disaat harga kebutuhan pokok melambung dan terdampak pandemi covid 19.

Warno warga Patukangan Kendal ini memanfaatkan kedai murah dengan membeli bahan makanan untuk kebutuhan sehari-hari.

“Terimakasih Pak Kapolres Kendal, kami bisa belanja banyak dengan harga yang sangat murah. Tadi beli telur, ayam dan sayuran serta minyak goreng. Harganya murah sekali karena hanya Rp15.000 dapat banyak,” katanya.

Selain kedai murah yang menyediakan sembako dan bahan makanan murah, anggota Satlantas Polres Kendal dalam kesempatan ini juga mengedukasi masyarakat untuk selalu patuh protokol kesehatan dengan membagikan leaflet yang berisi pesan mematuhi 3 M kepada pengguna jalan agar bisa memutus mata rantai penyebaran covid-19 dan juga peraturan lalu lintas.
Anto