Kota Tegal Terima Penghargaan Lomba Hari Habitat 2019

Sholeh Rabu, 2 Desember 2020 18:44 WIB
59x ditampilkan Headline

SEMARANG - Kota Tegal menjadi salah satu diantara enam daerah yang mendapat penghargaan di Lomba Hari Habitat tahun 2019.

Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Kepala Dinas Perumahan Rakyat Dan Kawasan Permukiman (Disperkim) Provinsi Jawa Tengah Ir. Arief Djatmiko, kepada Wali Kota Tegal yang diwakili oleh  Kepala Disperkim Kota Tegal Ir. Eko Setyawan, M.UM Acara penyerahan hadiah ini juga bersamaan dengan kegiatan Bimbingan Teknis Pemantauan Kawasan, Rabu (2/12/2020) di Gedung UTC, Semarang. 

Adapun daftar ke-6 daerah yang mendapatkan hadiah di Lomba Hari Habitat tahun 2019 adalah, untuk Juara 1 Kota Surakarta, Juara 2 Kota Magelang, Juara 3 Kabupaten Pekalongan, Juara 4 Kabupaten Banyumas, Juara 5 Kota Tegal dan yang terakhir untuk juara 6 adalah Kota Semarang. 
Dalam sambutannya, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo yang diwakili oleh Kepala Disperkim Provinsi Jawa Tengah, Ir. Arief Djatmiko mengatakan bahwa prestasi yang diraih adalah berkat kerja keras dan kesungguhan hati semua pihak.

“Saya percaya penghargaan itu diraih atas kerja keras dan kesungguhan hati didalam penanganan peningkatan kualitas penanganan permukiman kawasan kumuh. Oleh karenanya para pemenang berhak atas hadiah dan perlu saya ingatkan. Jangan berpuas diri, melainkan justru harus menjadi pemacu untuk bekerja dan berbuat lebih baik kepada masyarakat,” ucap Ganjar.

Diakhir sambutannya, Ganjar tak lupa menyampakan selamat dan berpesan agar Pemerintah Kabupaten/Kota di Jawa Tengah jangan pernah berhenti memberikan layanan masyarakat Jawa Tengah melalui penanganan peningkatan kualitas kawasan pemukiman kumuh.
Sementara itu Kepala Disperkim Kota Tegal Ir. Eko Setyawan mengatakan bahwa Kota Tegal setidaknya sudah mengikuti kegiatan Hari Habitat sejak sekitar tahun 2003. Sejak keikutsertaanya tersebut tak jarang Kota Tegal meraih penghargaan. 

“Kota Tegal sudah lama, sejak 2003 sudah beberapa kali mengikuti ini dan sudah beberapa kali kita juga dapat hadiah untuk beberapa lokasi. Nah untuk tahun 2019 ini memang agak tertunda penyerahan hadiahnya dilakukan di tahun 2020 dan untuk tahun 2020 itu sendiri ditiadakan karena adanya Pandemi Corona dan akan dilaksanakan kembali pada tahun 2021,” ucap Eko.

Eko juga berharap kepada masyarakat Kota Tegal untuk tetap bersama sama Pemerintah Kota Tegal berupaya mengentaskan kekumuhan.

“Jadi begini, hari habibat itu pada prinsipnya suatu penghargaan terkait dengan penanganan kawasan kumuh. Harapannya kita bisa bersama-sama masyarakat untuk mengentaskan kekumuhan itu. Ada beberapa yang memang sentuhannya adalah fisik, seperti perbaikan saluran, jalan, drainase dan air bersih. Namun disisi lain juga harus bekerja sama dengan masyarakat terkait dengan perilaku,” tambah Eko.

“Jadi masyarakat juga harus bisa merubah perilakunnya menjadi perilaku sehat dan menyadari tentang lingkungan mereka. Jadi jangan buang air besar dan membuang sampah sembarangan. Itu bagian dari penanganan kekumuhan juga,” jelas Eko.

Terkait keikutsertaanya di tahun depan atau tahun 2021, Pemkot akan tetap berupaya mengikuti dan mengamati apa tema di Hari Habitat Tahun 2021 mendatang.

Sementara itu Kepala Bappeda Kota Tegal, Ir. Gito Musriyono menyampaikan bahwa peran dari Bappeda kaitannya adalah mengkoordinasikan antar Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Lingkungan Pemerintah Kota Tegal  sehingga bisa bersama-sama dalam menyukseskan mengentaskan permukiman kumuh.

“Kita kan targetnya nol pemukiman kumuh. Mudah mudahan di 2021 kita bisa selesaikan itu dan hasilnya bisa dihargai oleh pemerintah di atasnya,” ucap Gito. 

Kepala Disperkim Ir. Eko Setyawan, M.UM langsung menyerahan plakat penghargaan Hari Habitat kepada Wali Kota Tegal H. Dedy Yon Supriyono, S.E., M.M., yang didampingi Sekda Kota Tegal Dr. Drs. Johardi, M.M., di Pringgitan Rumah Dinas Wali Kota Tegal, Rabu (2/12/2020) sore.  
Wali Kota Tegal mengucapkan terima kasih kepada OPD dan masyarakat Kota Tegal yang telah bekerja sama sehingga Pemkot Tegal mendapatkan penghargaan di Hari Habitat Tahun 2019. 
“Saya memberikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada semua pihak yang telah berperan sehingga Kota Tegal mendapatkan penghargaan ini. Semoga di tahun-tahun mendatang, prestasi Kota Tegal dibidang pembangunan permukiman dan perumahan layak huni dan berkelanjutan terus meningkat,” kata Dedy Yon.