Imigrasi Makassar Kini Berkantor dan Beri Pelayanan dI Gedung Swasta

Diterbitkan oleh 4dh1e pada Kamis, 3 Desember 2020 13:51 WIB dengan kategori Headline Makassar dan sudah 285 kali ditampilkan

MAKASSAR, -- Kantor Imigrasi (Kanim) Makassar hati ini melakukan pelayanan paspor di Wisma Yusuf Kalla-Kota Makassar bagi para keluarga dan karyawan yang berkantor di gedung dan sekitar kantor tersebut. 

Arifandi Kepala Seksi Pelayanan dan Verifikasi Dokumen Perjalanan (Yanverdokim) Kanim Makassar Kamis (3/12/2020) menyampaikan bahwa sudah tercatat sebanyak 35 orang pemohon dan akan dilayani sampai selesai mulai dari pemeriksaan dokumen, wawancara, pengambilan sidik jari dan foto pemohon.

"Selanjutnya setelah tiga hari kerja sejak proses pembayaran di bank atau kantor pos, paspor sudah selesai dan boleh diambil di kantor imigrasi." Kata Arifandi

Sementara itu Dodi Karnida Kepala Divisi Keimigrasin Kanwil Kemenkumham Sulsel dalam rilisnya menyampaikan bahwa kegiatan pelayanan di luar kantor imigrasi adalah bentuk kerjasama, kolaborasi Imigrasi dengan unsur masyarakat untuk memberikan pelayanan yang lebih nyaman kepada masyarakat pemohon tanpa pemohon banyak terganggu aktifitas maupun jam kerjanya karena imigrasi yang mendatangi pemohon ke tempat yang disepakati bersama.

"Kegiatan ini menambah daftar panjang Imigasi Makassar melakukan perlayanan paspor di luar kantor yaitu dua kali di Politeknik Ilmu Pelayaran-Makassar, dua kali di Mall Phinisi Center pada hari Sabtu dan Minggu bulan lalu dan satu kali di Mall Pelayanan Publik Kabupaten Bantaeng, 14 Agustus 2020 lalu". Ujar Dodi

Lanjut terkait dengan pengeluaran paspor pada bulan November 2020, Dodi menyampaikan bahwa sepanjang bulan November 2020 ini Imigrasi Sulawesi Selatan telah menerbitkan sebanyak 1.244 paspor yaitu  Kanim Makassar (376 dan 120 paspor elektronik), Kanim Parepare (112), Kanim Palopo (281) dan Unit Layanan Paspor Alauddin-Makassar (355).

Jumlah ini relatif masih sedikit jika dibandingkan dengan tahun lalu karena saat ini masih pandemi sehingga beberapa negara asing masih belum memberikan izin masuk ke negaranya. Adapun kelebihan paspor elektronik adalah teknologinya lebih canggih karena data pemegang paspornya ditanam di dalam cip sehingga identitas pemegang paspornya lebih terlindungi dan bagi negara-negara tertentu seperti Jepang dan Korea Selatan, para pemegang paspor dimaksud tidak diwajibkan untuk memiliki visa jika akan tinggal maksimal 14 hari di sana.

Dodi juga menyampaikan bahwa pada hari Sabtu, 5 Desember 2020 Kanim Makassar akan mengadakan Pelayanan Paspor Simpatik di Kanim (pelayanan paspor di luar jam kerja) dan di ULP Pertokoan Alauddin-Makassar yaitu Pelayanan Kaisar Mandala (Kanim Makassar Melayani Pada Hari Libur Anda) masing-masing mulai pkl.09.00 sampai  dengan pkl.13.00wita.

"Kepada para masyarakat pemohon dipersilakan datang pada hari libur dimaksud (tanpa harus mendaftar secara online) dengan membawa persyaratan yang lengkap (KTP, Kartu Keluarga, Surat Lahir dan paspor lama untuk pemohon penggantian) dan untuk informasi lebih lanjut dipersilakan menghubungi Layanan Informasi Kanim Makassar pada Nomor 0811460377". Tandasnya.(dk/*)