Polres Purbalingga Kawal Pendistribusian Logistik Pilkada 2020

Diterbitkan oleh Tauhid pada Ahad, 6 Desember 2020 10:22 WIB dengan kategori Daerah Headline dan sudah 178 kali ditampilkan

PURBALINGGA- terkininews.com
Purbalingga melaksanakan pengamanan dan pengawalan pendistribusian logistik primer Pilkada 2020 dari gudang Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Purbalingga ke masing-masing Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), Sabtu (5/12/2020).

Kabag Ops Polres Purbalingga AKP Pujiono mengatakan bahwa pada hari ini dilakukan pergeseran logistik primer Pilkada 2020 dari KPU PurbaIingga ke PPK. Untuk menjamin keamanannya kita libatkan personel untuk melakukan pengawalan.

"Pengawalan melibatkan personel kepolisian dibantu TNI, menggunakan satu mobil dinas Polri, sepeda motor dinas Polri dan sepeda motor dinas TNI," jelasnya.

Disampaikan bahwa karena saat ini dalam masa pandemi Covid-19 dalam kegiatan juga diterapkan protokol kesehatan. Protokol kesehatan diterapkan untuk petugas pengawalan maupun petugas pendistribusian yang sudah ditunjuk oleh KPU PurbaIingga.

"Para petugas pengamanan dan pengawalan termasuk pelaksana pendistribusian sudah dilakukan pengecekan kesehatan melalui rapid tes maupun swab," ucapnya.

Kabag Ops menambahkan untuk hari ini  logistik Pilkada seluruhnya harus sudah sampai PPK. Dilanjutkan hari berikutnya dari PPK ke PPS dan dari PPS ke TPS. Semua pergeseran logistik Pilkada tersebut dalam pengamanan dan pengawalan pihak kepolisian.

"Dengan pengamanan dan pengawalan diharapkan logistik Pilkada sampai ke lokasi dengan aman tanpa gangguan. Sehingga bisa digunakan dalam pemungutan suara 9 Desember 2020 mendatang," pungkasnya.

Logistik Pilkada yang didistribusikan yaitu kotak suara sebanyak 2129 yang dikirimkan ke seluruh PPK. Dalam kotak suara berisi diantaranya surat suara, alat coblos, formulir model C, tinta, segel, kabel Times, tanda pengenal, label kotak suara dan peralatan lain. Dikirimkan juga bilik untuk pemungutan suara.

Dari pantauan kegiatan pendistribusian logistik pemilu dibagi menjadi tiga tahap. Tahap pertama dimulai pukul 08.40 WIB pendistribusian untuk Kecamatan Karangjambu, Karangreja, Mrebet, Bobotsari, Kertanegara, Kejobong dan Padamara.

Tahap kedua pukul 13.10 WIB pendistribusian untuk Kecamatan Pengadegan, Karanganyar, Karangmoncol, Rembang, Bukateja dan Kemangkon. Tahap ketiga pukul 16.15 WIB untuk Kecamatan Kaligondang, Kutasari, Bojongsari, Purbalingga dan Kalimanah.
S Anto Saputro