Wakil Bupati Bintan Dalmas Syam Uji Coba Kapal Solar Cell di Kijang

Diterbitkan oleh Ukki pada Senin, 7 Desember 2020 19:35 WIB dengan kategori Bintan Headline dan sudah 262 kali ditampilkan

BINTAN - Untuk kedua kalinya, Yayasan Amanah Kita (YAK) melakukan uji coba Kapal Solar Cell atau kapal tenaga matahari di perairan Kabupaten Bintan, Kepulauan Riau (Kepri).

Uji coba pertama kapal non Bahan Bakar Minyak (BBM) itu, dilakukan di pelabuhan Mentigi, Tanjung Uban, Bintan Utara oleh Gubernur Kepri, Isdianto, Minggu (6/12/2020).

Uji coba kedua dilakukan di Pelabuhan Sei Enam, Kijang, Bintan Timur oleh Wakil Bupati Bintan, Dalmasri Syam didampingi Dewan Penyantun YAK, Alias Wello, Senin (7/12/2020).

Dalam uji coba tersebut, Dalmasri dan Alias Wello tampak naik bareng di atas pompong tenaga surya 1 GT yang dipersiapkan sebagai sarana transportasi nelayan melaut.

"Alhamdulillah, hari ini kita menyaksikan sejarah baru untuk memajukan dan menyejahterakan nelayan di Bintan," ucap Wakil Bupati Bintan, Dalmasri Syam kepada wartawan.

Ia mengakui, nelayan di Bintan jumlahnya cukup besar, dan memerlukan sentuhan teknologi yang terbarukan, agar mereka bisa melaut dengan aman dan nyaman.

"Jawabannya ada pada kapal solar cell ini. Ke depan para nelayan Bintan tak sibuk mencari BBM lagi, kalau mereka sudah menggunakan kapal tenaga surya, dan ini membuat mereka lebih sejahtera," paparnya.

Atas nama Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bintan, Dalmasri mengucapkan terima kasih kepada Ketua Umum YAK Hartono Alimin, khususnya kepada Anggota Dewan Penyantun YAK, Alias Wello.

"Terobosan Pak Alias Wello dan Pak Hartono ini akan membawa perubahan bagi nelayan-nelayan di Kepri, khususnya di Kabupaten Bintan," tukasnya.