Jack Ma Hilang, Kuat Dugaan Dihilangkan Pemerintah China

Diterbitkan oleh Saiful pada Sabtu, 2 Januari 2021 11:30 WIB dengan kategori Internasional dan sudah 275 kali ditampilkan

INTERNASIONAL – Berdedar kabar mengejutkan dari orang terkaya di China yang merupakan pendiri alibaba, Jack Ma. Sudah lebih dari  dua bulan Milyarder itu hilang dari hadapan publik. Kuat dugaan hilangnya Jack Ma diakibatkan ulahnya yang mengkritik pemerintah China.

Jack Ma mulai dicurigai hilang sejak batal dalam menghadiri final Africa’s Busines Heroes. Saat itu posisinya sebagai juripun harus digantikan namun pihak Jack Ma berdalih alasannya tidak hadir karena masalah waktu.

Dalam twitnya, Jack menuding bahwa bank-bank di China beroperasi dengan mentalitas "rumah gadai" menyangkut jaminan untuk kredit, sementara regulasi perbankan yang berlaku dinilainya menghambat inovasi dan harus direformasi guna mendorong pertumbuhan ekonomi.

Pernyataan Ma di dibalas pemerintah China dengan membuat perusahaan Ant Group dari Alibaba gagal melantai di bursa.

Hilangnya Jack Ma menambah daftar hilangnya orang-orang kaya di China juga aktifis anti korupsi di China.

China Jack Ma merupakan tokoh terkenal di ranah domestik China dan dunia internasional. Pria 56 tahun ini adalah salah satu orang terkaya di Negeri Tirai Bambu dengan nilai harta setidaknya 62 miliar dollar AS (sekitar Rp 861 triliun).