Asisten II Setda Brebes Membuka Acara Lomba Cipta Menu B2SA

Diterbitkan oleh Sholeh pada Selasa, 23 Maret 2021 23:31 WIB dengan kategori Headline dan sudah 160 kali ditampilkan

BREBES - Pola konsumsi pangan bagi masyarakat Brebes, tidak cukup hanya kenyang saja. Tapi harus mengandung asupan pangan yang Beragam, Bergizi, Seimbang, dan Aman (B2SA). Sebab, kuantitas dan kualitas pangan yang dikonsumsi akan mempengaruhi tingkat kesehatan seseorang. 

Dengan pangan B2SA, akan menjaga tubuh tetap sehat dan terhindar dari berbagai penyakit. Peran ibu-ibu PKK, Darma Wanita Persatuan (DWP), Gabungan Organisasi Wanita (GOW), pengusaha catering, sangat diharapkan mempelopori perubahan perilaku pada konsumsi makanan yang B2SA. 
Demikian sambutan tertulis Bupati Brebes Idza Priyanti SE MH yang dibacakan Asisten II Setda Brebes Tetty Yuliana saat membuka Lomba Cipta Menu B2SA, di Aula Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Brebes, Selasa (23/3).

Bupati mengapresiasi, Lomba Cipta Menu B2SA karena dapat memotivasi masyarakat mengkonsumsi makanan yang beragam, bergizi seimbang, dan aman (B2SA).  Lomba sekaligus sebagai sosialisasi B2SA oleh Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan bekerja sama dengan Tim Penggerak PKK Kabupaten brebes.

Seanyak 20 peserta utusan dari Tim Penggerak PKK Kecamatan, Darma Wanita Persatuan (DWP), Gabungan Organisasi Wanita (GOW) dan Pengusaha Catering.

Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Brebes Yulia Hendrawati menjelaskan, tujuan lomba untuk meningkatkan pemahaman masyarakat tentang pentingnya pangan B2SA. 

Cipta Menu B2SA berbasis sumber daya lokal, tersebut juga mendorong dan meningkatkan kreativitas masyarakat pada umumnya dan ibu rumah tangga khususnya dalam memilih, menentukan, menyusun menu B2SA berbasis sumber daya lokal. 

“Membangun budaya keluarga untuk mengonsumsi aneka menu makanan B2SA dalam memenuhi kebutuhan gizi sehari-hari, tidak mahal. Karena bisa memanfaatkan potensi pangan yang ada di sekitar rumah atau pekarangan,” tandas Yulia.

Ketua Dewan Juri Cheff Alexs Sodara dari Bahari In Hotel menilai, pada dasarnya semua makanan yang disajikan dalam lomba tersebut sudah memenuhi unsur B2SA. Namun ada beberapa point penting yang perlu diperhatikan, antara lain penyajian menggugah selera, “Meskipun dari bahan yang mahal dan bernilai gizi tinggi, kalau disajikan tidak menarik dan menggugah selera maka akan ditinggalkan. Disekitar kita banyak sekali makanan yang mengandung nilai gizi tinggi dan murah, maka harus kita kemas dan sajikan bagus agar bisa dikonsumsi oleh keluarga,” ungkapnya. 

Setelah melalui penjurian yang ketat oleh Cheff Alexs Sadora (Bahari in), Tri Harnanni (Dinas Kesehatan) dan Nur Azizah (MAN 1 Brebes) menetapkan Cetring Sinar Boga Mandiri dari Brebes sebagai Juara 1. Sedang juara 2 diraih TP PKK Kecamatan Paguyangan dan juara 3 TP PKK Kecamatan Bumiayu. Untuk juara harapan secara berurutan TP PKK Kecamatan Banjarharjo, TP PKK Kecamatan Ketanggungan dan TP PKK Kecamatan Tonjong.

Hadir dalam acara tersebut Assisten II Sekda Brebes Tety Yuliana, Ketua TP PKK Kabupaten Brebes Ny Sri Legiastuti Narjo, Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Yulia Hendrawati, Kepala Bagian Perekonomian Setda Brebes Farikhah, Ketua TP PKK Kecamatan serta tamu undangan lainnya.