Mahasiswa KKN UNIQBU 2021 Gelar Pelatihan Olahan Ikan

Diterbitkan oleh Tauhid pada Jumat, 26 Maret 2021 17:58 WIB dengan kategori Daerah Suara Mahasiswa dan sudah 186 kali ditampilkan

BURU – Mahasiswa KKN UNIQBU 2021 Desa Tanjung Karang Kabupate Buru menggelar Pelatihan Produk Olahan olahan hasil perikanan.(25-03-2021). Kegiatan ini diikuti oleh ibu-ibu Desa Tanjung Karang. Hasil pengolahan ikan berupa abon ikan, steak ikan dan nugget ikan.

 

Kegiatan Pelatihan ini juga dihadiri langsung oleh perwakilan Dinas Perikanan Kabupaten Buru yang diwakili Kepala Bidang Nasrudin dan Stafnya. Juga Kepala desa Tanjung karang, Gajali Umasugi serta DPL, Ikbal.


Kegiatan ini merupakan salah satu kegiatan awal terkait pelatihan produk ikan di Desa Tanjung Karang. Program ini mendapatkan apresiasi Kepala desa dan Masyarakat Tanjung Karang. 


"Maksud dari kegiatan ini untuk mensosialisasikan kepada Ibu-Ibu dan Masyarakat Desa tanjung Karang calon investor dalam hal permodal usaha perikanan"Ujar Mahasiswa Kordes (Koordinator Desa) Mustakin Sanaba.  Mustakin juga menambahkan pengolahan ikan ini dilakukan sebagai upaya untuk memberikan nilai tambah pada hasil perikanan pada desa Tanjung Karang.

 

Selain itu, program ini memiliki tujuan untuk meningkatkan konsumsi ikan di desa. Kegiatan pelatihan ini dibagi menjadi dua sesi. Sesi pertama berupa pelatihan pembuatan nugget. Sesi ini dimulai dengan demo masak oleh Mahasiswa KKN dan diikuti oleh Ibu-Ibu Desa Tanjung Karang  dengan sistematika yang sama. Sesi kedua yang merupakan pelatihan pembuatan abon ikan juga memberikan kesempatan pada Ibu-Ibu  untuk mencoba membuat produk tersebut.

 

Kami sangat berharap kegiatan bermanfaat bagi masyarakat Desa Tanjung Karang dan hasilnya dapat menjadi produk unggulan.