Yuk Bekerjasama, Together We Can!!

Diterbitkan oleh Tauhid pada Senin, 12 April 2021 22:58 WIB dengan kategori Daerah Jawa Tengah dan sudah 112 kali ditampilkan

SURAKARTA

Pangdam IV/Diponegoro Mayjen TNI Rudianto bersama Ketua Persit Kartika Chandra Kirana PD IV/Diponegoro melaksanakan kunjungan kerja ke Korem 074/Warastratama, Senin (12/4/2021).

Dalam arahannya kepada prajurit Korem 074/Wrt Pangdam  menyampaikan bahwa para unsur pimpinan ditingkat Korem harus memberikan perhatian lebih terhadap kemampuan unsur pelaksana di level Koramil dan Kodim. Seorang Pangdam dan Komandan Korem adalah unsur pimpinan yang menjalankan fungsi manajemen sedangkan Dandim selain sebagai unsur pimpinan yang menjalankan fungsi manajemen juga merupakan unsur pelaksana kebijakan Komando Atas di lapangan. 

“Saya sampaikan kepada para Dandim untuk turun ke lapangan melihat langsung Koramil-Koramil” ungkap Pangdam.

Dengan melihat situasi dan kondisi secara langsung di lapangan maka akan ditemukan berbagai persoalan secara komprehensif dan lebih realistis sehingga diketahui prioritas permasalahan seperti apa yang harus segera diselesaikan oleh pimpinan. Kekuatan di Koramil ada di para Babinsa sehingga perlu adanya bimbingan dan pembekalan yang memadai untuk meningkatkan kemampuan dan kapasitas para babinsa oleh seorang Komandan Kodim agar para Babinsa mampu mengimplementasikan tuntutan tugas yang semakin kompleks.

“Inovasimu munculkan, jangan pernah takut berinovasi, kalau kamu takut berinovasi kamu nggak akan maju” tegasnya.

Seorang leader harus berani memutuskan untuk membuat suatu perubahan ke arah yang lebih baik. Meskipun konsekuensinya adalah meninggalkan zona nyaman hal tersebut tetap harus dilakukan apabila menginginkan organisasi yang dipimpin semakin maju.

“Sekali-kali keluar dari kotak karena kotak itu adalah zona nyaman. Kalau kamu tidak berani keluar kotak kamu tidak berani keluar dari zona nyaman, kalau kamu tidak berani keluar dari zona nyaman artinya kamu tidak akan maju karena tidak mencoba sesuatu yang lain” imbuhnya.

Ditambahkan oleh Pangdam IV/Diponegoro bahwa di wilayah Korem 074/Warastratama rata-rata secara geografis, demografi dan infrastruktur sudah cukup maju sehingga tidak ada kesulitan untuk menjangkau pelosok daerah. Hal ini tentu menjadi nilai lebih bagi seorang Komandan Kodim untuk membuat SDM di wilayahnya semakin maju.

“Saya minta tolong betul tingkatkan sumber daya manusianya, Babinsa anda semua, Danramilmu tingkatkan karena ini menjadi tanggungjawab kita semua” ungkap Pangdam.

Diakhir arahannya Pangdam berpesan agar para Prajurit menjaga soliditas, kebersamaan dan membangun team work. Karena untuk mencapai sebuah keberhasilan sebuah tim tidak bisa bekerja sendiri-sendiri.

“Kita harus bekerja bersama, bareng-bareng, together we can”  

“Yuk bareng-bareng, kalau ada kekurangan satu sama lain tidak usah dipergunjingkan ya, ditutup, diisi sehingga bisa bermanfaat” pungkasnya.

Suroto Anto Saputro