Festival Anak Rohis Tanjungpinang  2021

Diterbitkan oleh Saiful pada Selasa, 27 April 2021 12:47 WIB dengan kategori Khazanah Suara Pelajar Tanjungpinang dan sudah 359 kali ditampilkan

TANJUNGPINANG - Dimasa pandemi yang berkepanjangan, banyak sekali remaja dan pemuda yang kebingungan untuk melakukan aktifitas yang merangkul remaja dan pemuda lain kecuali bermain game dan nongkrong di kedai kopi. Sudah tidak asing lagi di negeri segantang lada ini, kedai kopi menjadi tempat favorit bagi kaum milenial.

Oleh karna itu, Yayasan Gurindam Edukasia (YGE) hadir dengan mewadahi Mahasiswa untuk berpartisipasi serta menaungi anak-anak Rohis di Tanjungpinang. “Beberapa kegiatan ekstrakurikuler di sekolah menengah atas itu sudah ada yang membina. Palang Merah Remaja, Pramuka, Pasus, Paskib, Seni Bela diri, Olahraga, dan lain-lain. Sementara Rohis belum ada yang menaungi seluruhnya, karna itulah hadir YGE untuk menjadi Pembina bagi Rohis di sekolah-sekolah menengah atas”, sebut Ustadz Martanto selaku ketua Yayasan.

Karna itulah YGE berusaha untuk senantiasa menggali potensi dan mengasah sikap kompetitif para siswa yang tergabung dalam Rohis di sekolahnya. Festival Anak Rohis Tanjungpinang 2021 disingkat FASTING 2021, menjadi program pilihan di tengah pandemi covid 19 yang sudah memasuki tahun pertama. Festval ini diketuai oleh Jusman Fadli, Mahasiswa FKIP UMRAH, kemudian beberapa mahasiswa yang tergabung dalam Lembaga Dakwah Kampus di UMRAH Tanjungpinang. Ada tiga lomba yang menjadi fokus Panitia FASTING 2021, yaitu Lomba Marawis, Adzan, Kultum Putra & Putri. Sekolah-sekolah yang mengikuti FASTING ini diantaranya SMAN 1, SMAN 2, SMAN 3, SMAN 4, SMAN 5, SMAN 7, SMKN 1, SMKN 2, dan SMKN 4 Tanjungpinang.

Kegiatan ini dilaksanakan daring mulai dari pendaftaran lomba tanggal 15 April 2021 hingga hari puncak Sabtu, 24 April 2021 pengumuman pemenang dan pemberian hadiah di Gang Qur’an, jalan Kijang Lama KM 7.  Dibarengi dengan buka Bersama, silaturahmi dengan kader KAMMI serta Pembina Gang Qur’an, Ustadz Sugianto. Disinilah momen haru menjadi pengiring hari puncak dan pemberian hadiah bagi pemenang lomba, dimana Gang Qur’an yang disana menjadi tempat belajar ngaji bagi semua kalangan, Pembina Gang Qur’an juga memberikan hadiah yang tak disangka-sangka. Setiap peserta lomba yang hadir saat itu, diberikan masing-masing satu Al-Qur’an.

Pihak panitia sebelumnya tidak membicarakan hal itu dengan Pembina Gang Qur’an, dan itu juga menjadi penyemangat bagi panitia untuk terus melaksanakan kegiatan yang memang dakwah menjadi fokus utama. “Semoga para pemenang dan adik-adik yang sudah mengikuti festival ini senantiasa semangat untuk berkompetisi dalam kebaikan, serta hadiah yang sangat luar biasa dari pembina Gang Qur’an menjadi berkah dunia akhirat”, tutup Jusman yang sekaligus menutup acara di hari sabtu itu.