Hanafi Ekra: Kepala Daerah Perlu Bersinergi Atasi Persoalan Meningkatnya Angka Pengangguran di Kepri

Diterbitkan oleh Saiful pada Jumat, 14 Mei 2021 12:10 WIB dengan kategori Bintan Headline Kepri Terkini dan sudah 330 kali ditampilkan

BINTAN- Ketua Fraksi PKS DPRD Kepri dan yang juga merupakan Anggota Komisi IV yang membidangi persoalan ketenagakerjaan berharap seluruh kepala daerah se Kepri bersinergi untuk mengatasi persoalan meningkatnya angka pengangguran di Kepri. 

Hal ini dikatakannya usai melaksanakan salat idul fitri 1442 Hijriah di Bintan, Kepulauan Riau. "Berdasarkan angka pengangguran terbut (TPT) yang dirilis BPS di Provinsi Kepri pada Februari 2021 smenjadi tertinggi di Indonesia yakni mencapai 10,12 persen atau berada di atas rata-rata nasional level 7,07 persen, ini tentu sangat tinggi," kata Hanafi Ekra.

Persoalan ini harus ditangani serius karena akan memunculkan efek sosial lainnya. Belum lagi dengan peningkatan jumlah angka penduduk yang nantinya akan masuk menjadi angkatan kerja.

"Kita harus duduk bersama menangani persoalan ini utamanya kepala daerah, semuanya harus bersinergi, kita mendorong BLK dan SMK bisa ngelink dengan perusahaan-perusahaan skillnya, UMKM-UMKM harus scale up agar bisa membuka lapangan kerja baru, ditengah kondisi Pandemi saat ini tentunya jika kita berharap pada perusahaan besar untuk membuka lapangan kerja tentu akan sulit, kita harus ciptakan lapangan kerja ekonomi kreatif ini harus digarap serius menurut hemat saya," kata Hanafi Ekra.

Dia juga berjanji akan menyuarakan hal ini terus di DPRD Kepri. "Di komisi akan saya bawa ini dan mendorong eksekutif untuk mencari solusinya," tutup Hanafi Ekra.